7 Sayuran Kaya Vitamin D dan Penurun Kolesterol Jahat

INIKATA.co.id – Memperhatikan kesehatan jantung adalah salah satu aspek terpenting dari gaya hidup sehat.

Dengan menjaga kadar kolesterol yang sehat sangat penting untuk kesehatan jantung secara keseluruhan.

Baca juga:

Ini Sejumlah Kekayaan Gizi dari Buah Tin yang Sayang untuk Dilewatkan

Kolesterol jahat atau LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Untungnya, alam telah menyediakan kita dengan berbagai sayuran yang kaya akan vitamin D, yang tidak hanya memperkaya diet kita tetapi juga memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Artikel ini akan mengungkapkan tujuh sayuran ajaib yang dapat Anda masukkan ke dalam menu harian untuk mendukung kesehatan jantung Anda.

Baca juga:

Ternyata Ini Dampaknya Bila Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

Meskipun obat dapat diresepkan, pendekatan alami melalui perubahan pola makan dapat sama efektifnya.

Oleh karena itu, simak 7 sayuran yang kaya akan Vitamin D dan serat, keduanya dikenal dengan sifat penurun kolesterol, dilansir dari laman The Health Site dan jawapos, berikut ini:

1. Bayam

Sayuran hijau ini adalah sumber Vitamin D dan serat yang terkenal. Rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi penting.

Bayam merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk vitamin D. Kandungan antioksidan dan seratnya yang tinggi menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Serat dalam bayam membantu mengurangi penyerapan kolesterol di aliran darah, sementara vitamin D dalam bayam mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Kale

Kale adalah sayuran hijau lain yang kaya akan vitamin D dan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL yang buruk.

Kale kaya akan Vitamin D, serat, dan nutrisi penting lainnya yang berkontribusi pada kesehatan jantung.

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran serbaguna yang tinggi serat dan vitamin D. Serat dalam brokoli berikatan dengan kolesterol di usus, mencegahnya diserap ke dalam aliran darah.

Sayuran ini tidak hanya merupakan sumber Vitamin D yang baik tetapi juga mengandung serat larut, yang membantu menghilangkan kolesterol LDL jahat dari tubuh.

4. Kol

Kol mengandung Vitamin D dan serat, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet penurun kolesterol Anda.

Serat dalam kol membantu mengurangi kadar kolesterol LDL, sementara vitamin D mendukung kesehatan jantung dan kesejahteraan secara keseluruhan.

5. Sawi Hijau

Sayuran hijau yang kurang dihargai ini penuh dengan Vitamin D dan serat, meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Sawi hijau tidak hanya kaya akan vitamin D tetapi juga mengandung senyawa yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol.

6. Jamur Champignon

Jamur ini merupakan sumber Vitamin D yang mengejutkan, dan juga kaya akan antioksidan dan senyawa penambah kekebalan tubuh.

Memasukkan Jamur jenis ini ke dalam diet Anda adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

7. Asparagus

Asparagus tidak hanya lezat tetapi juga memberikan dosis Vitamin D dan serat yang baik, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Asparagus mengandung senyawa yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Memasukkan asparagus dalam diet Anda bisa menjadi cara yang lezat untuk mendukung tujuan penurunan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.(The Health Site/jawapos/inikata)

Writer: Jawapos