Pahami Tanda Tubuh Anda Membutuhkan Asupan Multivitamin

INIKATA.co.id – Tubuh sering kali memberikan sinyal yang berharga saat membutuhkan tambahan nutrisi.

Tanda-tanda tersebut dapat menjadi petunjuk bahwa sudah saatnya Anda untuk mempertimbangkan asupan multivitamin.

Baca juga:

Simak Empat Cara Agar Terhindar Dari Penyakit Batu Ginjal

Dilansir dari EatingWell dan Jawapos, terdapat 4 tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda membutuhkan asupan multivitamin.

Dengan memperhatikan sinyal-sinyal ini, kita dapat lebih memahami kebutuhan nutrisi tubuh dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan keseimbangan yang optimal.

1. Gangguan penglihatan

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan di malam hari dan penglihatan kabur.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata karena membantu produksi pigmen yang diperlukan untuk fungsi retina yang baik.

Tanpa cukup vitamin A, mata tidak dapat berfungsi dengan baik saat kondisi cahaya rendah, seperti di malam hari, dan penglihatan bisa terganggu. Selain itu, vitamin A juga membantu menjaga mata tetap lembab dan sehat.

2. Pecah-pecah di sudut mulut

Kondisi pecah-pecah di sudut mulut ini seringkali terkait dengan kekurangan beberapa nutrisi seperti zat besi, seng, dan vitamin B seperti folat, riboflavin, dan B12.

Beruntungnya, pengobatan dengan antibiotik secara oral atau topikal bisa memperbaiki kondisi ini dalam beberapa hari, dan sembuh total dan biasanya terjadi dalam dua minggu.

Meski begitu, tetap penting untuk menangani kekurangan nutrisi yang mungkin menjadi penyebab masalah tersebut.

3. Kesehatan kuku yang memburuk

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, dimana ini sangat penting karena membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memberikan energi.

Jika Anda kekurangan zat besi, ini bisa ditandai dengan adanya masalah kesehatan, termasuk gangguan pada kuku yang disebut koilonychia.

Koilonychia adalah ketika kuku menjadi tipis, rapuh, dan berbentuk seperti sendok. Jika kuku Anda terlihat seperti itu, ini memungkinkan Anda menderita anemia, yang mana 25% dari populasi global mengalaminya, dengan separuh kasus disebabkan oleh kekurangan zat besi.

4. Mudah memar pada tubuh

Dalam konteks ini, Anda cenderung mudah memar dan memar tersebut membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Hal ini bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan K.

Kekurangan vitamin C dapat membuat pembuluh darah menjadi lemah karena kurangnya produksi kolagen, yang membuat Anda mudah memar.

Sementara itu, vitamin K penting untuk pembekuan darah dan penyembuhan luka setelah terjadi cedera.

Jadi, jika Anda kekurangan vitamin K, Anda juga bisa mudah memar karena tubuh tidak dapat membentuk gumpalan darah dengan baik.(EatingWell/Jawapos/Inikata)

Writer: Jawapos