Cara Mengatasi Dehidrasi Pasca Santap Hidangan Manis

INIKATA.co.id – Kebanyakan orang menyukai makanan manis. Baik itu mengonsumsi sesuatu yang manis setelah makan atau melahap es krim berlebihan sebagai penghilang stres.

Namun, pernahkah Anda merasa haus secara tiba-tiba setelah menyantap hidangan manis? Hal ini terjadi karena konsumsi gula atau sesuatu yang manis membuat seseorang dehidrasi.

Baca juga:

Pantau Stok Bahan Pokok di Pasar Tradisional, Gubernur Sulsel: Harga Relatif Terkendali

Asupan gula yang tinggi menyebabkan fluktuasi kadar gula darah, memicu peningkatan buang air kecil, selanjutnya mengurangi tingkat hidrasi dan tubuh memberi sinyal haus.

Lonjakan kadar glukosa dalam tubuh memberi sinyal pada ginjal untuk memproduksi lebih banyak urin guna membuang kelebihan glukosa dari tubuh.

Konsumsi gula berlebihan mengganggu keseimbangan cairan tubuh, menyebabkan rasa haus ketika tubuh berupaya mengembalikan tingkat hidrasi, kata ahli gizi Nupuur Patil, dikutip dari JawaPos.com dan Healthshots.

Baca juga:

Bikin Tubuhmu Tambah Sehat Saat Ramadhan, Ikuti Tips dan Saran ini

Selain itu, dapat menghabiskan keseimbangan cairan tubuh, dengan demikian otak Anda memerintahkan tubuh untuk minum lebih banyak air demi mengganti cairan yang hilang.

Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa haus setelah mengonsumsi gula. Berikut di antaranya:

– Jaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari

Minumlah banyak air sepanjang hari untuk melawan efek dehidrasi akibat gula. Para ahli menyarankan hal tersebut karena seseorang tidak boleh menunggu tubuh tiba-tiba mengalami dehidrasi setelah mengonsumsi gula.

Hal ini dapat dihindari dengan memantau asupan cairan secara bijak sepanjang hari. Anda mungkin minum cukup air sehingga ketika mengonsumsi sesuatu yang manis, tubuh sudah memiliki cukup air di dalamnya untuk mengimbangi ketidakseimbangan dalam aliran darah.

– Kurangi konsumsi gula

Siapa yang tidak suka makan dan minuman manis? Kebanyakan orang justru menyukainya. Namun, jika dehidrasi setelah mengonsumsi gula menjadi kekhawatiran, cobalah membatasi asupan gula.

Kelebihan gula tidak pernah membawa manfaat apa pun bagi tubuh dan dehidrasi adalah salah satunya. Kurangi konsumsi camilan, makanan penutup, dan minuman manis guna mencegah rasa haus berlebihan.

– Pilih cairan yang sehat

Pilihlah air putih, teh herbal, atau infused water daripada minuman manis untuk menghilangkan dahaga tanpa menambahkan gula tambahan, jelas Patil.

– Pengidap diabetes harus ekstra waspada

Jika Anda mengidap diabetes atau resistensi insulin, pantau kadar gula darah dengan cermat dan sesuaikan pola makan untuk mencegah rasa haus berlebihan pasca-gula.

– Pilih makanan dengan bijak

Konsumsilah makanan yang mengandung keseimbangan karbohidrat, protein, dan lemak sehat untuk membantu menstabilkan kadar gula darah dan mencegah pemicu rasa haus, ungkap Patil.

Perbanyak asupan yang menghidrasi

Terkadang, kita cenderung lupa minum banyak air sepanjang hari. Sebagai gantinya, kita dapat memasukkan makanan yang menghidrasi seperti buah-buahan dan sayuran ke dalam makanan karena mengandung banyak air dan membantu menjaga tingkat hidrasi.(JawaPos.com/Healthshots/Inikata)

Writer: Jawapos