Ini 4 Jenis Yogurt yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Sehabis Lebaran

INIKATA.co.id – Momen Idul Fitri memang identik dengan hidangan berlemak dan bersantan yang menggoda selera.

Namun, di balik kelezatannya, hidangan di perayaan lebaran berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga:

Manfaat Luar Biasa yang Harus Anda Ketahui Jika Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan pasca Lebaran dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan menyehatkan.

Salah satu pilihan tepat adalah yogurt, yang tidak hanya menyegarkan tapi juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol.

Yogurt mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Yogurt mengandung protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, seng, dan kalium.

Baca juga:

Dapat Respons Positif Tokoh Masyarakat, Ini Tiga Program dr Udin Malik Tangani Masalah Kesehatan, Sosial, dan Pendidikan

Sebagai alternatifnya, pilih yogurt tanpa lemak atau yogurt yang tidak mengandung perisa seperti stroberi.

Yogurt plain yang rendah lemak bisa menjadi alternatif dalam mengontrol kolesterol pasca lebaran.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Agar mendapatkan manfaat yang optimal, jangan salah memilih jenis yogurt. Dirangkum dari siloamhospitals.com dan healthline.com serta jawapos.com, berikut ini beberapa jenis yogurt yang baik untuk menjaga kolesterol dalam tubuh.

1. Yogurt Yunani (Greek Yogurt)

Jenis yogurt ini memiliki tekstur lebih kental dan kaya protein dibandingkan yogurt biasa.

Protein dalam yogurt Yunani dapat membantu agar terasa lebih kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah Anda makan berlebihan.

2. Yogurt Rendah Lemak

Yogurt ini mengandung lebih sedikit lemak jenuh dan kalori dibandingkan yogurt biasa, sehingga lebih aman untuk penderita kolesterol tinggi.

Dalam satu cangkir yang setara dengan 245 gram yogurt tinggi lemak mengandung 31,8 mg kolesterol. Maka, pilihlah yogurt rendah lemak agar mendapatkan manfaat yogurt yang lebih optimal.

3. Yogurt Fortifikasi

Yogurt ini diperkaya dengan sterol tumbuhan, seperti stanol dan sterol, yang membantu menurunkan penyerapan kolesterol jahat di usus.

Kandungan plant stanol ester menjadi bahan alami yang biasanya terdapat pada beberapa sumber makanan seperti kacang, oat, sayur, dan buah-buahan.

Zat ini telah terbukti di berbagai penelitian efektif menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kandungan plant stanol ester difortifikasi dalam yogurt sehingga nilai gizi yogurt meningkat dan bisa bantu kontrol kolesterol dalam darah.

4. Yogurt Nabati

Bagi Anda yang vegan atau vegetarian, yogurt nabati terbuat dari susu nabati seperti kedelai, almond, atau kelapa. Yogurt nabati bebas kolesterol dan kaya serat, sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebagai catatan, pilihlah yogurt plain (tanpa rasa) agar terhindar dari gula tambahan.

Perhatikan kandungan lemaknya, pilihlah yogurt rendah lemak atau bebas lemak. Periksa labelnya pada kemasan yogurt untuk memastikan yogurt mengandung probiotik. Tambahkan buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau granola sebagai topping untuk menambah rasa dan nutrisi.

Yogurt bisa dijadikan sebagai camilan sehat di antara waktu makan. Sajikan yogurt sebagai pelengkap hidangan Lebaran, seperti campuran salad atau saus pendamping. Bekukan yogurt dan jadikan sebagai es krim sehat yang menyegarkan. Yogurt dalam bentuk es krim lebih praktis dikonsumsi dan akan disukai oleh berbagai kalangan.

Menjaga kesehatan pasca Lebaran tidak harus rumit. Dengan mengonsumsi yogurt secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.(siloamhospitals/healthline/jawapos/inikata)

Writer: Jawapos