Dispora Sulsel Tanggapi Keluhan Cabor Soal Anggaran PON XXI yang Belum Cair

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan menanggapi keluhan cabang olahraga (cabor) soal bantuan pemerintah jelang kesiapan PON XXI Aceh – Sumut 2024.

Kepala Dispora Sulsel Suherman mengatakan, penyaluran dana ke cabor itu tahapannya melalui KONI. Kendati, dia menjelaskan bahwa pencairan dana hibah ke KONI Sulsel sebesar Rp17,5 miliar masih menunggu proses administrasi.

Baca juga:

Camat Biringkanaya Serahkan Bantuan di Konter Makassar

“Belum, sementara baru administrasi prosesnya masih berjalan, iya untuk dokumen berkasnya diselesaikan dulu kalau sudah baru pencairan, mungkin satu minggu atau dua minggu sudah cair,” ucap Herman akrab disapa, Rabu (1/5/2024).

Dia menegaskan bahwa pencarian dana itu ada tahapan dan mekanismenya. “Anggarannya Rp17,5 miliar dana hiba akan diberikan ke KONI, ini kan ada tahapannya jadi harus melalui prosedur,” bebernya.

“Yang jelas Pemprov akan memberikan bantuan ke koni Inshaaallah dalam waktu dekat. Kalau lengkap saya ajukan ke badan keuangan langsung selesai,” tambah dia.

Khususnya untuk cabor tinju yang belum lama ini keluhkan soal batuan. Ia mengatakan kewenangannya nanti tergantung pada pengurus KONI Sulsel.

“Terus kalau masalah tinju itu dana belum ada itu masuk ranahnya di KONI nanti, karena kita tidak boleh masuk sampai ke cabor, itu sudah kewenangannya KONI,” imbuhnya.

Sekretaris Umum KONI Sulsel, Mujiburrahman saat dikonfirmasi mengaku sudah tiba bulan pihaknya menagih bantuan tersebut ke Pemprov Sulsel.

“Iye sudah 3 bulan terkahir ini sejak Februari kami bermohon anggaran ke pemprov, namun hingga saat ini belum di cairkan,” terangnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan segera melakukan rapat dengan puluhan ketua cabor, guna membahas penganggaran untuk para atlet yang nanti ikut PON XXI Aceh – Sumut 2024.

“Insyaallah minggu depan kami undang 44 ketua cabor yang lolos PON untuk duduk bersama membahas hal tersebut,” pungkasnya.(Fadli)