Dilantik Besok, Putra Daerah Bumi Lammaddukeng Jadi Pj Bupati Wajo

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Andi Bataralifu, Direktur Fasilitas Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri terpilih sebagai Pejabat (Pj) Kabupaten Wajo yang juga dikenal Bumi Lammaddukeng.

Kepala Biro Pemerintahan Sulsel, Idham Kodir menyampaikan pelantikan Andi Bataralipu akan diselenggarakan di Rujab Gubernur Sulsel pada Rabu besok 21 Februari 2024.

Baca juga:

Prabowo Subianto Lantik 2.497 Komcad yang Sudah Jalani Pendidikan Latsarmil Tiga Bulan

“Aula Tudang Sipulung, pukul 16.00 WITA,” ujar Idham, Senin (19/2/2024).

Ia akan menggantikan Bupati Wajo Amran Mahmud yang telah habis masa jabatannya di tahun 2024 ini. Sekaligus menggantikan Sekda Wajo, Armayani yang menjadi Pelaksana Harian (Plh).

Meskipun dia Penjabat di Jakarta, Andi Bataralipu sebenarnya merupakan orang Sulsel dan Putra Wajo asli. Dilansir dari laman resmi Direktorat Otda Kemendagri, Bataralipu lahir di Kelurahan Maddukelleng, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo.

Pria kelahiran 6 September 1967 itu punya sederet jabatan mentereng sebelum terpilih menjadi Pj. Ia pernah menduduki posisi Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (2019-2020), Plt. Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (2019).

Kemudian Plt Direktur Fasilitas Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (2018-2019), Kepala Subdit Wilayah I pada Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (2015-2018), Kepala Subdit Fasilitas Kepala Daerah dan DPRD Wilayah IV pada Direktorat Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (2014-2015) serta Kepala Subdit Urusan Pemerintahan Daerah Bidang I/2 pada Direktorat Urusan Pemerintahan Daerah I (2012-2014).

Andi Bataralipu menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta dengan jurusan Ilmu Pemerintahan dan pendidikan magisternya di Universitas Hasanuddin dengan jurusan Ilmu Perencanaan Kota dan Daerah.

Pelantikan akan dilakukan langsung oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (C/Fadli)