Pengguna BYOND by BSI Tumbuh Pesat, Tembus 3,5 Juta User

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Superapp BYOND by BSI mencatat pencapaian luar biasa dengan meraih 3,5 juta pengguna hingga 7 Maret 2025.

Sejak diluncurkan pada 9 November 2024, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam transaksi finansial, sosial, dan spiritual, menjadikannya solusi lengkap bagi nasabah.

SEVP Digital Banking BSI, Saut Parulian Saragih, menyampaikan bahwa pertumbuhan signifikan ini didorong oleh keunggulan fitur-fitur BYOND by BSI.

“Pesatnya pertumbuhan customer base menegaskan peran BYOND sebagai Sahabat Finansial, Sahabat Sosial, dan Sahabat Spiritual terpercaya,” ujar Saut, Rabu (12/3).

Saut juga optimis BYOND by BSI dapat mencapai 10 juta pengguna pada akhir 2025 sesuai target perusahaan.

Saat ini, total pengguna mobile banking BSI, yakni BYOND by BSI dan BSI Mobile, telah mencapai 7,8 juta user.

Fitur Unggulan yang Jadi Andalan

BYOND by BSI menawarkan berbagai fitur yang memudahkan nasabah, seperti QRIS, Ziswaf (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), dan layanan investasi, termasuk tabungan emas melalui fitur cicil emas dan tabungan BSI E-mas.

“Investasi emas melalui BYOND memberikan harga yang kompetitif, keamanan, serta kemudahan akses kapan saja dan di mana saja,” tambah Saut.

Selain layanan finansial, aplikasi ini juga memiliki fitur sosial dan spiritual, seperti penunjuk waktu salat, arah kiblat, hingga lokasi masjid terdekat.

“BYOND memungkinkan pengguna untuk berdonasi, berzakat, hingga wakaf secara digital. Hal ini membuat kami unggul dibandingkan superapp perbankan lainnya,” jelas Saut.

ZISWAF dan Kolaborasi dengan LAZNAS

BSI mencatat transaksi ZISWAF melalui BYOND by BSI mencapai 900 ribu transaksi dengan nilai lebih dari Rp14 miliar hingga Januari 2025.

Sedangkan total transaksi ZISWAF melalui semua e-channel BSI mencapai 9,5 juta dengan nominal hingga Rp120 miliar.

Memasuki Ramadan, Saut memprediksi kenaikan transaksi ZISWAF hingga 60% menjelang Idul Fitri.

“Pembayaran zakat fitrah melalui BYOND semakin memudahkan nasabah dalam menunaikan kewajibannya,” katanya.

Untuk memperluas layanan, BSI menggandeng 25 LAZNAS untuk pengembangan inovasi transaksi ZISWAF.

Layanan seperti autodebet untuk sedekah bulanan hingga fitur baru “Orang Tua Asuh” menjadi bukti komitmen BSI dalam mempermudah nasabah berbagi kebaikan.

Transformasi Digital BSI

BSI juga mencatat pergeseran besar ke arah digital dengan 98,03% transaksi dilakukan melalui e-channel pada akhir Desember 2024, dari total 813 juta transaksi yang tercatat. Sisanya masih dilakukan melalui teller di cabang.

Melihat tren ini, BSI berkomitmen memperkuat layanan digital dengan menghadirkan teknologi yang semakin aman dan nyaman bagi nasabah.

Kehadiran BYOND by BSI menjadi salah satu kunci transformasi digital BSI untuk memenuhi kebutuhan nasabah di era modern.(**)