MAKASSAR, INIKATA,co.id – PT PLN (Persero) memperkenalkan aplikasi PLN Mobile dan program diskon listrik kepada pengunjung Jappa Jokka Cap Go Meh 2025, Minggu (9/2). Sosialisasi ini dilakukan di panggung utama oleh Tim Leader Niaga Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Utara, Amaliyah dan Himmatus Syarifah.
Amaliyah menjelaskan bahwa, PLN Mobile dirancang untuk mempermudah pelanggan mengakses layanan kelistrikan tanpa perlu datang ke kantor PLN. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan, pencatatan angka meter (Swacam), serta pelaporan gangguan listrik.
“Jika listrik mati mendadak, terutama tengah malam, pelanggan bisa langsung beli token lewat aplikasi PLN Mobile dengan biaya admin lebih rendah,” ujar Amaliyah.
Selain itu, pelanggan dapat melaporkan kejadian yang berpotensi mengganggu jaringan listrik, seperti pohon tumbang atau benda asing yang menyentuh kabel PLN.
Himmatus Syarifah menambahkan bahwa, kabel PLN bisa dikenali dengan cirinya yang terpilin.
PLN juga menawarkan diskon 50 persen bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450-2200 VA. Program ini berlaku hingga 28 Februari 2025.
“Pelanggan pascabayar akan otomatis mendapatkan potongan 50 persen saat membayar tagihan, sedangkan pelanggan prabayar akan mendapatkan energi (kWh) dua kali lipat dari jumlah pembelian token,” jelas Amaliyah.
Ia juga mengingatkan bahwa, di dalam aplikasi PLN Mobile, tersedia menu pembelian token dan pembaran bagi pelanggan pascabayar. Batas waktu pembayaran listrik untuk pelanggan pascabayar adalah tanggal 1 hingga 20 setiap bulannya.
PLN berharap sosialisasi ini semakin meningkatkan pemanfaatan layanan digital serta kesadaran masyarakat untuk segera memanfaatkan program diskon listrik sebelum berakhir. (**)