Jelang Idul Adha Harga Cabai Naik 10 Persen di Pasar Tradisional Makassar

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Menjelang hari raya Idul Adha 2024, harga cabai di pasar tradisional Makassar merangkak naik. Kenaikan harga tersebut terjadi sejak minggu lalu.

Harga cabai besar untuk satu kilogram kini di kisaran 35 ribu rupiah yang sebelumnya seharga 30 ribu rupiah perkilo. Untuk cabe keriting 40 ribu rupiah perkilo sebelumnya 35 ribu rupiah perkilo, cabe kecil 50 ribu perkilo sebelumnya 35 hingga 40 perkilo.

Baca juga:

Pastikan Stok Aman, TPID Gowa Pantau Ketersediaan Stok dan Harga di Pasar

Salah satu pedagang di pasar Terong, Makassar, Sriwahyuni mengatakan bahwa harga cabe saat ini mengalami kenaikan sebesar 10 persen.

“Ada sekitar 10 persen, sekitar lima hari lalu,” singkatnya kepada INIKATA.co.id, Kamis (6/6/204).

Meski demikian, kata Sriwahyuni komoditi lain masih dalam harga normal, seperti sayuran hingga bawang merah yang harganya mulai turun.

Baca juga:

Jelang Pilkada, Menkopolhukam Imbau Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi

“Sayuran normal. Bawang merah turun tapi kemarin lumayan mahal ada 35-40 ribu dulu 40-45 ribu,” ujarnya.

Sementara, salah satu warga, Nini meminta agar pemerintah kota dapat mengupayakan kestabilan harga bahan pokok di pasar tradisional setiap menjelang lebaran Idhul Adha dan Idhul Fitri.

“Memang selalu naik kalau jelang Idul Fitri dan Idul Adha, tapikan pemerintah bisa mengakali dengan upaya penambahan stock biar harga di pasaran tetap stabil,” ujarnya.

Nini berharap pemerintah dapat melakukan evaluasi, terkait kenaikan bahan pokok yang sering mengalami kenaikan harga dan kekurangan pasokan di setiap perayaan hari besar.

“Masa kita setiap mau lebaran naik lagi, naik lagi. harus ada stock yang banyak biar tidak selalu naik harganya, kan begitu alasannya pedangang tidak ada stock, kalau bahas stock ke petani nanti dibilang tidak ada bibit dan kemarau, masa begitu terus,” tandasnya. (Atri)