Bergantung Kepada AI Bisa Membuat Kepribadian Menjadi Buruk, Ini Penjelasannya

INIKATA.co.id – Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) merupakan contoh perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini. Inovasi menakjubkan ini bahkan mampu mempengaruhi perilaku dan kepribadian manusia.

Contoh nyata efek perubahan ini salah satunya pada sifat manusia yang sebelumnya harus belajar giat, sekarang dengan mudah mencari jawaban menggunakan kecerdasan buatan. Teknologi ini sangat mempengaruhi pola perilaku manusia dalam pendidikan.

Baca juga:

Kacang Mente Ternyata Bisa Lindungi Tubuh dari Serangan Beberapa Penyakit ini

AI memang menciptakan peluang, sekaligus resiko ketidakpastian yang dapat menggantikan kemampuan berpikir manusia saat ini. Dengan mengubah kebiasaan diri kita, teknologi yang dibuat oleh manusia ini membawa pengaruh positif dan negatif dalam kehidupan.

Dilansir dari Psychology Today pada Selasa (28/5), berikut penjelasan proses perubahan perilaku manusia dan bagaimana kecerdasan buatan mempengaruhinya:

Proses perubahan perilaku

Baca juga:

Kecerdasan Buatan AI Bikin Amerika Was-was, Takut Sistem Keuangan Terganggu

Perubahan perilaku seseorang dapat terjadi dalam beberapa proses yang sangat sederhana, pendorong utamanya yaitu kemampuan, motivasi, dan peluang.

1. Kemampuan
Peningkatan dalam pendidikan (kemampuan pengetahuan) dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan emosional, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kemampuan sosial dan perilaku sehari-hari.

Tingkat kecerdasan dalam menyerap informasi, literasi pengetahuan, dan pemecahan masalah dapat berubah dengan signifikan hanya memanfaatkan kecerdasan buatan.

2. Motivasi
Motivasi dapat terbentuk melalui ketertarikan atau kesenangan seseorang yang membuat mereka terdorong untuk melakukan hal baru, sehingga mampu mengubah perilaku orang tersebut.

Kecerdasan buatan memberikan penggunanya pengalaman mengatasi masalah dengan cepat, seperti mencari jawaban atau membuat ilustrasi. Dengan mengandalkan kecanggihan tersebut, maka kepribadian seseorang dapat berubah dan selalu menginginkan hasil yang instan.

3. Peluang
Ketersediaan fasilitas gadget yang dimiliki seseorang merupakan sebuah peluang bagi mereka untuk dapat belajar dan menerapkan kecerdasan buatan pada kehidupannya. Jika mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi yang canggih untuk mencapai tujuannya, hasil yang didapatkan dapat bermanfaat selama prosesnya.

Memanfaatkan peluang demi mencapai tujuan termasuk salah satu proses yang dapat mengubah perilaku seseorang. Pola pikir mereka terbentuk dengan hadirnya kecerdasan buatan yang mampu memberikan hasil optimal, namun secara instan.

Upaya AI mengubah kepribadian manusia

AI telah menyediakan pengetahuan yang mudah diakses oleh siapapun dan di manapun. Menghasilkan konten yang lebih optimal dan terjangkau, dengan cepat menarik perhatian jutaan orang untuk segera beradaptasi dan mempelajari kegunaan kecerdasan buatan.

Segala kesempatan yang diberikan oleh kecerdasan buatan bagi orang awam untuk mempelajari hal baru sangat mudah dijangkau, hanya dengan menggunakan gadget mereka. Karena sudah terintegrasi dengan sistem komunikasi modern, AI menciptakan hasil yang lebih efektif sesuai dengan keinginan penggunanya.

Secara tidak langsung, semua hal yang berkaitan dengan penggunaan AI telah merubah kepribadian seseorang. Potensi yang dihasilkan mewujudkan sifat malas bagi orang awam untuk belajar lebih giat, dan memilih menggunakan kecerdasan buatan sebagai jalan pintas pemecahan masalah. (JawaPos/Inikata)