Diskominfo Jaringan di Pulau Barrang Lompo dan Barrang Caddi, ini Tujuannya

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar melakukan pendataan dan monitoring langsung ketersediaan jaringan di Pulau Barrang Lompo dan Pulau Barrang Caddi pada Selasa (21/5).

Kunjungan ini dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan jaringan dan pendataan untuk pengajuan infrastruktur jaringan di kepulauan.

Baca juga:

Destinasi Kuliner Lorong Wisata Dinikmati Masyarakat, Walikota Makassar Tuai Pujian Masyarakat   

“Kami melakukan pendataan mulai dari infrastruktur jaringan, kependudukan, kegiatan masyarakat yang ada di pulau ini. Kami juga langsung mengecek jaringan dan infrastrukturnya terutama cek permasalahan lemah sinyal dan blankspot,” ucap Kepala Bidang Aplikasi Kominfo Makassar, Andi Zulkarnain.

Andi Zulkarnain mengatakan, hasil dari pendataan dan monitoring ini akan digunakan sebagai dasar untuk pengajuan ke Kemenkominfo agar pembangunan infrastruktur jaringan di wilayah kepulauan segera dilakukan.

“Data yang kami kumpulkan akan diajukan ke pusat untuk ditindaklanjuti. Proses ini diharapkan bisa berjalan dengan cepat agar masyarakat kepulauan bisa segera menikmati jaringan yang lebih baik,” terang Andi Zulkarnain.

Baca juga:

Menuju Kota Informatif, Pemkot Makassar Gelar Uji Konsekuensi Informasi Publik

Ia melanjutkan, saat ini baru memulai dari dua pulau tersebut dan akan melanjutkan ke pulau-pulau lainnya.

Dengan langkah ini, kata dia, Kominfo Makassar berupaya memastikan bahwa seluruh wilayah di Kecamatan Sangkarrang mendapatkan akses komunikasi yang memadai.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sangkarrang, Darmawati menyambut baik kedatangan rombongan Kominfo Makassar di Pulau Barrang Lompo.

“Kunjungan ini sangat penting karena kami bisa menjelaskan keadaan dan kendala yang ada di Pulau Barang Lompo, termasuk permasalahan jaringan,” kata Darmawati.

Menurutnya, akses komunikasi yang baik sangat penting untuk berbagai aspek kehidupan masyarakat pulau, termasuk bidang pendidikan dan kesehatan.

“Anak-anak membutuhkan akses internet untuk belajar dan layanan kesehatan juga memerlukan komunikasi yang lancar,” ujarnya.

Senada dengan Ketua RW 02 Pulau Barang Caddi, Abdul Rasul, juga menyambut baik kedatangan Kominfo. Ia menyampaikan bahwa kualitas jaringan di Pulau Barang Caddi masih kurang baik dan hanya kuat di titik-titik tertentu saja.

“Kami berharap kehadiran Kominfo Makassar dapat memberikan solusi terhadap masalah jaringan ini dengan segera memperbaikinya,” ujar Abdul.

Selama kunjungan, tim Kominfo Makassar melakukan berbagai pengujian teknis untuk mengidentifikasi area yang mengalami lemah sinyal. Mereka juga berinteraksi dengan warga setempat untuk mendapatkan gambaran langsung mengenai permasalahan yang dihadapi.(**/Rakyat Sulsel)

Writer: Rakyat Sulsel