Sinergi Baznas-Danny Pomanto Luncurkan Program Makassar Kota Zakat Dunia

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meluncurkan program Makassar kota zakat dunia, Sabtu (18/5/2024).

Peluncuran perdana ini digelar pasca Gerakan Makassar Salat Subuh Berjemaah di Anjungan Pantai Losari.

Baca juga:

Dinas PU Makassar Ikut Serta ‘Gerakan Bersih Taman Kota’

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan program Makassar Kota Zakat Dunia diinisiasi oleh orang-orang yang melihat zakat sebagai kekuatan besar secara sosial. Di samping, Makassar memiliki komunitas yang sangat kuat.

“Ini ide teman Baznas kota yang coba kita diskusikan dan alhamdulilah terwujud hari ini,” kata Danny Pomanto.

Danny menambahkan, hari ini merupakan hari bersejarah bahwa Makassar memiliki peran penting dalam zakat secara nasional.

Baca juga:

Danny Pomanto Terima Penghargaan Baznas RI sebagai Wali Kota Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Ia meyakini kontribusi masyarakat Makassar atas zakat ini menjadi salah satu pertolongan Allah SWT kepada Kota Makassar. Ditengah banyaknya bencana alam yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia termasuk juga di Sulsel.

“Kita anggap ini hal biasa tetapi kita tidak sadar bahwa inilah perlindungan Allah kepada kota kita,” kata Danny Pomanto.

Terkait ide tentang RT/RW yang menjadi amil perseorangan itu, kata Danny sebagai ide yang luar biasa yang mana menyalurkan zakat dari masyarakat termasuk CSR kemudian disalurkan kembali ke tempatnya.

Sehingga mitigasi sosial yang menjadi program Pemkot Makassar, social sharing dan caring yang sudah dicanangkan itu tersalurkan secara formal lewat Baznas.

“Dan Baznas menunjuk RT/RW, ahamdulillah dengan begitu program jalan, zakat jalan, infaq sedekah jalan, ini bukan hanya membangun dunia tetapi juga amal akhirat,” harapnya. (*)