Menggali Manfaat Tersembunyi Pepaya California

INIKATA.co.id – Pepaya california, juga dikenal sebagai pepaya muda atau pepaya muda california, mungkin buah yang jarang mendapat perhatian dibandingkan dengan jenis pepaya lainnya.

Pepaya california mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, serat, magnesium.

Baca juga:

183 Pendaftar PPPK di Wajo Lulus Seleksi Administrasi

Selain rasanya yang manis dan kemudahan dalam budidayanya, pepaya california mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari msmbindonesia.com dan jawapos.com, pepaya california juga memiliki ciri batangnya yang lebih pendek dibandingkan pepaya lainnya. Selain ciri berikut adalah manfaat dari pepaya california:

1. Kaya akan nutrisi penting

Baca juga:

Sering Diabaikan, Ini Manfaat Makan Buah Saat Sahur

Pepaya california mengandung sejumlah nutrisi penting yang menguntungkan tubuh. Buah ini kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, pepaya california juga mengandung vitamin A, vitamin K, kalium, dan serat, yang semuanya penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

2. Mendukung pencernaan yang sehat

Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya california membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga keseimbangan flora usus yang sehat, yang berkontribusi pada pencernaan yang lancar dan penyerapan nutrisi yang optimal.

3. Menyediakan antioksidan yang kuat

Pepaya california mengandung antioksidan kuat seperti beta-karoten, likopen, dan vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Konsumsi pepaya california secara teratur dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

4. Membantu menjaga berat badan yang sehat

Meskipun pepaya california rendah kalori, buah ini mengandung serat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan.

Ini membuat pepaya california menjadi pilihan camilan sehat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan yang sehat.

5. Mendukung kesehatan kulit yang optimal

Vitamin C dan beta-karoten dalam pepaya california berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kedua nutrisi ini membantu merangsang produksi kolagen, menjaga kelembaban kulit, dan melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Konsumsi pepaya california secara teratur dapat memberikan kulit anda kilau alami dan kesehatan yang optimal.

Tanaman pepaya California juga sangat mudah beradaptasi, artinya dapat ditanam dimana saja dan dipanen dengan cepat. Pepaya California mempunyai akar tunggang, tergolong tumbuhan dikotil, dan mempunyai jenis daun bintang.(**)

Sumber: msmbindonesia.com/jawapos.com

Writer: Jawapos