Dari 47 Amicus Curiae, 14 Disetor ke Hakim MK

INIKATA.co.id – Jumlah sahabat peradilan atau amicus curiae yang mendaftar ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 tercatat ada 47 pihak.

Juru bicara MK, Fajar Laksono menjelaskan, 47 amicus curiae tersebut terhitung Jumat sore kemarin (19/4) pukul 16.00 WIB. Namun dari jumlah tersebut, yang akan disetor ke Hakim Konstitusi hanya berjumlah 14.

Baca juga:

PDIP Sodorkan Kadernya Dampingi Andi Ina di Pilkada Barru

Sebab Hakim Konstitusi hanya menghitung amicus curiae yang masuk hingga tanggal 16 April sebagai bahan pertimbangan memutus perkara PHPU Presiden dan Wakil Presiden 2024.

“Itu diserahkan ke hakim semua, yang (jumlahnya) 14,” ujar Fajar kepada wartawan, Sabtu (20/4).

Dia memastikan, isi dari pernyataan para tokoh yang menjadi amicus curiae di MK akan dipublikasi secara digital dan bisa dibaca oleh masyarakat.

Baca juga:

CNN Indonesia Awards, Pangdivif 3 Kostrad Terima Penghargaan Outstanding Leadership in Infantry Division Command 

“Mudah-mudahan semua amicus curiae itu kami jadikan dokumen publik semua. Jadi silakan nanti yang mau mengklasifikasikan,” sambungnya.

Untuk saat ini, Fajar menyatakan dokumen pernyataan amicus curiae belum bisa diakses masyarakat karena masih didata.

“Karena berdatangan terus (pihak yang menjadi amicus curiae). Mudah-mudahan dalam 1 sampai 2 hari kami bisa tampilkan di laman MK nanti,” Fajar menambahkan. (Rmol/Inikata)