Revitalisasi Balai Kota Rampung, Danny Bakal Terapkan Open Space Office

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Revitalisasi gedung Balai Kota Makassar yang pengerjaannya dimulai sejak tahun 2023 lalu mulai rampung.

Pasca lebaran Idul Fitri 1445 H, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sebelumnya berkantor di mal GTC, akan menempati kembali Kantor Balai Kota.

Baca juga:

Akses Jalan Stadion Sudiang Bakal Menghubungkan Tiga Kabupaten/Kota

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto berencana akan menerapkan sistem open space office pada gedung tersebut.

Ruang kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) nantinya akan dibuat model terbuka, untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan fleksibel.

“Sebentar lagi secara keseluruhan kita akan pindah ke Balai Kota dan MGC. Semua diatur perabotnya, jangan seperti dulu,” kata Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto, Senin (15/4/24).

Selain itu, Danny juga melarang ASN memasang stiker di dalam ruangan kantor.

Rencananya, perabot di kantor Balai Kota akan diseragamkan. Pengadaan perabot tersebut, akan dianggarkan pada APBD Perubahan 2024.

“Tidak ada stiker-stikeran, tidak ada bobokan. Nanti kita anggarkan perabot, tidak usah ada perabot ini-itu, kita coba adakan perabot seragam di Balai Kota dan MGC,” sebutnya.

Danny menjelaskan, pegawai tidak lagi diperkenankan memiliki meja tetap. Sistem kerja di kantor Balai Kota nantinya menggunakan model open space.

Tidak ada lagi sistem satu pegawai satu meja kerja. Danny meminta bagian Ortala untuk mendesain meja kerja yang bisa dipakai bersama.

“Perabot lama itu berat dan tidak efektif. Jadi tidak ada lagi yang punya meja tetap, kecuali pimpinannya. Office modern sekarang begitu, itu open space,” ucap Danny. (Mwr)