Puncak Arus Balik di Pelabuhan Makassar Diperkirakan H+10

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Jika ada arus mudik pada setiap Hari Raya Idulfitri, pasti ada momen arus balik bagi masyarakat usai berlebaran di kampung halaman masing-masing.

Sebagai pelabuhan hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan salah satu pelabuhan terbesar milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Pelabuhan Makassar merupakan salah satu pelabuhan yang cukup ramai oleh arus kapal dan penumpang terutama di musim mudik dan balik Lebaran.

Baca juga:

Tokoh Nasional Bakal Diumumkan PPP Sebagai Anggota, Sandiaga Uno?

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar yang mengelola Pelabuhan Makassar pun memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu, 20 April 2024 atau di H+10 Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 M.

“Dengan estimasi peningkatan jumlah penumpang di musim arus balik tahun ini sebesar 6% dibandingkan dengan arus balik di periode yang sama pada Lebaran tahun lalu,” ucap General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin.

Dia mengatakan, hingga H+3 Lebaran atau Sabtu, 13 April 2024, pihaknya mencatat arus penumpang embarkasi dan debarkasi di Pelabuhan Makassar mencapai 57.957 orang.

“Terdiri dari 31.621 orang penumpang embarkasi atau berangkat dan 26.336 orang penumpang debarkasi atau turun di Pelabuhan Makassar,” urainya.

Menurut Iwan, angka tersebut masih akan terus bergerak mengingat puncak arus balik untuk moda transportasi laut khususnya di Pelabuhan Makassar baru akan terjadi pada H+10 Idulfitri 1445 H atau Sabtu, 20 April nanti. (**)

Writer: Fadli