Mendagri Harap Idulfitri Jadi Momen Kedamaian Setelah Pelaksanaan Pemilu

INIKATA.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berharap Idulfitri 1445 Hijriah menjadi momen yang membawa kebahagiaan dan kedamaian terlebih setelah pelaksanaan Pemilu 2024.

Dia berharap seluruh masyarakat dapat bersatu sebagai anak bangsa untuk melangkah lebih maju.

Baca juga:

MK Kabulkan Gugatan 13 Kepala Daerah, Ini Kata Danny Pomanto

“Saya sebagai Menteri Dalam Negeri atas nama Kementerian Dalam Negeri dan juga Badan Nasional Pengelola Perbatasan mengucapkan selamat hari raya Idulfitri,” ujar Mendagri seusai melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Mendagri mengatakan, dirinya telah melakukan pertemuan secara virtual dengan kepala daerah. Dalam pertemuan itu, Mendagri mengimbau kepala daerah agar tetap menjaga situasi yang sudah kondusif pada saat pemilu maupun pasca pemilu.

Lebih lanjut, Tito juga meminta kepala daerah dapat merajut kembali perbedaan-perbedaan di antara masyarakat usai pemilu.

Baca juga:

Kapolres Luwu: Motor yang Terjaring Saat Balapan Liar Ditahan Hingga Idul Fitri

“Yang kedua, membantu untuk ibadah Ramadan dilaksanakan oleh umat Islam dengan baik, menjaga toleransi,” bebernya.

Selain itu, Mendagri juga telah mengimbau kepala daerah agar menjaga ketersediaan pangan jangan sampai terjadi lonjakan harga saat Idulfitri. Tak hanya itu, Mendagri juga menekankan kepada kepala daerah agar mampu menjaga arus mudik maupun arus balik sehingga berlangsung lancar.

“Jadi semua saya minta kepada kepala daerah dan Pj. (penjabat) kepala daerah semua turun ke lapangan untuk mengecek daerahnya masing-masing agar arus mudik dan arus balik nanti diyakinkan untuk tetap lancar,” jelasnya. (Fdl)