Soal Dugaan TPPO Program Firienjob, Polda Sulsel Lakukan Deteksi

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Polda Sulsel telah membentuk Tim Penyelidikan Dugaan TPPO Program Firienjob.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rianto R Djajadi menerangkan telah mengantongi data dari Mabes Polri ihwal tujuh perguruan tinggi yang diduga terlibat tersebut.

Baca juga:

Susul Eks Menkominfo, Kejagung Tetapkan Edward Hutahaean Tersangka Kasus Korupsi BTS 4G

“Justru itu, untuk mendeteksi kita tetap melakukan penyelidikan. Kalau data dari Mabes (Polri), sudah ada. Tapi tentu kan Polda Sulsel tidak bisa tanpa bukti materil, data yang valid,” ucap Irjen Pol Andi Rianto, Selasa (2/4).

Dia mengaku sudah menginstruksikan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) dan jajaran Polrestabes Makassar untuk lakukan penyelidikan.

“Tentu saya dapat informasi dari Bareskrim, bahwa sebenarnya dsna sudah ada di tangani. Tentu kepada jajaran krimum dan Polrestabes, saya perintahkan lakukan penyelidikan. Kalau memang ketemu buktinya, kita akan proses lanjut,” tegasnya.

Baca juga:

Buka Suara Soal Besarnya Arus Pengungsi Rohingya ke Indonesia, Jokowi: Ada Dugaan TPPO

Pihaknya juga membuka jalur pengaduan kepada siapa saja yang menjadi korban. Namun hingga kini belum ada mahasiswa yang melapor.

“Beberapa ada yang tanya ke saya, kalau ada yang merasa menjadi korban, silakan lapor. Kita juga sudah dapat informasi, tetapi sampai detik ini belum ada yang melapor secara resmi,” jelasnya.

Rian juga menerangkan bahwa praktik seperti ini bukanlah modus baru. Ia bercerita pernah menangani kasus seperti ini saat masih bertugas di Bareskrim.

“Dulu saya pernah tangani kasus seperti ini waktu masih di Bareskrim,” ucapnya. (Fadli)

Writer: Fadli