Muh Saleh Harap BPJS Kesehatan Berikan Layanan Maksimal di Luwu

LUWU, INIKATA.co.id – Penjabat (PJ) Bupati Luwu Muh. Saleh, memimpin rapat forum komunikasi terkait implementasi strategi pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Luwu Tahap 1 Tahun 2024.

Rapat yang dihadiri Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo Daniar Hasyim Dahlan, Sekretaris Daerah Kab. Luwu Drs. H. Sulaiman, Kepala Dinas Kesehatan Rosnawary, Kepala Bappelitbangda Moh. Arsal, Kepala Dinas Sosial Hasliana Nurdin, Direktur RSUD Batara Guru dr. Daud Mustakim, dan Kadis Dukcapil, A. Darmawansyah berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Luwu, Selasa (2/4).

Baca juga:

Pasangan Bakal Calon Bupati Gerak Cepat Bantu Korban Kebakaran Hebat di Jeneponto

Tujuan dari rapat tersebut untuk membangun kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Luwu dalam meningkatkan Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam rapat tersebut, PJ. Bupati Luwu berharap BPJS Kesehatan dapat memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kami tidak ingin mendengar masyarakat kami ada yang tidak tertangani, terutamanya masyarakat miskin,” harap Muh. Saleh.

Baca juga:

Akses Darat Putus, Damkar Makassar Bangun Jembatan Darurat di Luwu

Untuk itu, Pj. Bupati memfokuskan kepada OPD terkait untuk segera memvalidasi kembali data kemiskinan ekstrim termasuk masyarakat yang semestinya mendapatkan JKN-KIS yang dibiayai pemerintah.

Berdasarkan Data BPJS Kesehatan Per 24 Maret 2024, sebanyak 319.509 atau sebesar 83,92% dari jumlah penduduk Kabupaten Luwu yang menjadi peserta JKN-KIS.

Dari jumlah penduduk 380.729 orang pada semester 2 tahun 2023, peserta NON JKN sebanyak 61.220 orang (16,08%). Target jumlah peserta jika UHC Non Cut Off sebabanyak 342.885 peserta, atau diperlukan penambahan peserta sebanyak 23.376 untuk meraih UHC.(**)