Ternyata ini Cara Melakukan Pertolongan Pertama Asam Lambung Naik

INIKATA.co.id – Seseorang dengan kebiasaan baik seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga akan membuat tubuhnya sehat.

Namun sebaliknya orang-orang yang acuh terhadap pola istirahat, pola makan, maka cenderung mudah terkena penyakit.

Baca juga:

Air Jeruk Nipis Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Salah satu kebiasaan buruk yang cukup banyak dilakukan oleh masyarakat khususnya generasi muda saat ini adalah kebiasaan makan makanan pedas. Selain itu mereka juga tidak menjaga pola istirahat yang cukup sehingga menimbulkan stress berlebihan.

Beberapa kebiasaan buruk diatas ternyata memicu terserang penyakit asam lambung atau gerd.

Berikut akan menjelaskan beberapa cara melakukan pertolongan pertama saat asam lambung naik berdasarkan laman Halo Doc.

Penyakit gerd atau asam lambung tentunya akan membuat tubuh anda tidak nyaman dan merasakan sakit, hingga di beberapa kasus anda dapat pingsan.

Sehingga saat kondisi itu terjadi perlu melakukan beberapa tindakan sebagai bentuk pertolongan pertama sebelum bertambah parah, adapun caranya sebagai berikut:

1. Beristirahat

Langkah yang perlu anda ambil ketika anda merasa asam lambung mulai naik, itu berarti sudah waktunya untuk beristirahat.

Tidak hanya beristirahat dari aktivitas fisik anda juga perlu mengistirahatkan pikiran anda, karena kemungkinan asam lambung naik karena stress yang berlebihan. Sehingga anda perlu merileks kan sejenak pikiran dan tubuh anda hingga kondisi tubuh anda sedikit menjadi lebih baik.

2. Menjaga Pola Makan

Meskipun bagi orang yang memiliki asam lambung cenderung susah makan, namun tidak boleh sampai melewatkan jam-jam makan.

Hal itu bertujuan agar perut anda tidak kosong agar bisa mencegah memperparah kondisi penyakit Asam lambung. Sebab, mau bagaimanapun salah satu penyebab asam lambung karena kondisi perut kosong, sehingga solusinya adalah dengan mengisi perut yang kosong.

3. Minum Air Hangat

Minum air hangat rupanya dapat meringankan sakit akibat asam lambung loh, namun anda perlu meminumnya secara perlahan dan tidak terburu-buru.

Sebab minum air hangat dengan terburu-buru akan berdampak buruk pada gejala asam lambung yang sedang naik. Tidak harus banyak, minumlah air hangat secukupnya sampai kondisi perut menjadi sedikit lebih baik dan mereda sakitnya

4. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga menjadi salah satu cara untuk meringankan gejala asam lambung. Namun anda perlu selektif dalam memilih rasa permen karet, karena tidak semua rasa bisa meredakan sakit asam lambung.

Permen karet dengan rasa mint atau asam sebaiknya anda hindari karena dapat memperburuk gejala asam lambung anda.

Namun, tentunya semua itu hanya tindakan ringan pertolongan pertama, selanjutnya silahkan untuk berkonsultasi kepada dokter.(Halo Doc/Jawapos/Inikata)

Writer: Jawapos