Wujudkan Makassar Kota Inklusif, Pemkot Siap Berkolaborasi dengan Perkins

MAKASSAR, INIKATA.co.id — Pemerintah Kota Makassar berkomitmen menjadikan kota Makassar sebagai kota inklusif yang ramah terhadap masyarakat termasuk kelompok difabel.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Firman Hamid Pagarra mengatakan, pihaknya saat ini tengah menjalin komunikasi dengan Perkins School.

Baca juga:

Besok, Pemkot Makassar-Arab Saudi Gelar Buka Puasa Sepanjang 2,5 Km di Anjungan Losari

Ia menyatakan bahwa, pemkot Makassar siap menggandeng Perkins School dalam setiap kegiatan pemkot yang melibatkan kelompok difabel.

“Jadi kami tadi berdiskusi Perkins School ini sudah lebih dari 200 tahun yang lalu memang khusus memperhatikan kelompok difabel. Kita juga di Makassar ini konsen akan hal itu. Dan kami pikir Perkins School ini sudah sangat berpengalaman,” kata Firman, Rabu (27/3/24).

Seperti diketahui, Perkins School adalah sebuah sekolah atau lembaga non pemerintah yang didirikan pada 200 tahun lalu tepatnya pada tahun 1829. Sekolah ini menangani murid khusus untuk kelompok difabel.

Baca juga:

Wali Kota & Ketua DPRD Kota Makassar Sepakati Rancangan KUA – PPAS APBD 2023

Sementara, Konsultan Perkins School Wilayah Asia Pasifik, Tuti Hendrawati mengungkapkan, pihaknya sendiri menawarkan berbagai program seperti pelatihan guru khusus kelompok difabel.

“Tidak hanya guru tapi untuk orang tua dari anak kelompok difabel, maupun pekerja difabel. Kita ingin bersinergi dengan Pemkot Makassar karena melihat visi misinya pak Wali sangat bagus yakni mewujudkan kota yang inklusif,” terangnya.

Ia pun berharap kedepannya kolaborasi ini dapat terjalin lebih baik lagi agar program-program pelatihan dapat terwujud dan kota Makassar sebagai kota inklusif makin berdampak baik buat masyarakat.(**)

Writer: Mawar