Timnas Indonesia Berhasil Menang Telak 3-0 di Kandang Vietnam

INIKATA.co.id – Pertandingan babak kualifikasi piala dunia 2026 yang dinantikan antara Vietnam vs Indonesia dimulai dengan permainan bertensi tinggi.

Sebagaimana dimuat ESPN dan jawapos, pada menit ke-9, terjadi kejutan besar ketika Indonesia berhasil mencetak gol pertamanya. Jay Idzes memanfaatkan umpan Thom Haye dengan kepala yang akurat, membobol gawang Vietnam dari tengah kotak penalti.

Baca juga:

Pemerintah Belanda Bakal Selidiki Kericuhan Laga Ajax VS Feyenoord

Namun, kegembiraan Indonesia agak terhenti ketika Jay Idzes dihukum kartu kuning pada menit ke-15 karena melakukan pelanggaran yang kasar.

Tidak lama setelah itu, pada menit ke-23, Indonesia kembali mencetak gol melalui Ragnar Oratmangoen. Gol ini tercipta dari tendangan kaki kiri Ragnar yang berkelas, setelah menerima umpan dari Nathan Tjoe-A-On.

Vietnam mencoba untuk bangkit, melakukan pergantian pemain dengan masuknya Nguyen Dình Bac menggantikan Vu Van Thanh pada menit ke-31.

Baca juga:

Punya Statistik Bagus, Dua Pemain PSM Terpilih jadi Pemain Timnas U-22

Namun, hingga akhir babak pertama, kedudukan tetap 0-2 untuk keunggulan Indonesia. Di penghujung babak, Ernando Ari dan Hokky Caraka dari Indonesia masing-masing menerima kartu kuning atas pelanggaran yang dilakukan.

Babak pertama akhirnya berakhir dengan Indonesia unggul 0-2, tetapi tantangan masih belum berakhir bagi kedua tim.

Pada menit ke-45+2, Hokky Caraka dari Indonesia juga menerima kartu kuning setelah melakukan pelanggaran yang tidak perlu.

Babak pertama akhirnya berakhir dengan Indonesia unggul 0-2, tetapi tantangan masih belum berakhir bagi kedua tim.

Di babak istirahat, Indonesia melakukan tiga pergantian. Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri, dan Ernando Ari digantikan oleh Asnawi Mangkualam, Hokky Caraka, dan Edo Febriansah.

Di menit awal babak kedua, Bùi Tien Dung dari Vietnam mendapat kartu kuning atas pelanggaran yang dilakukannya.

Vietnam mencoba untuk memperbaiki permainannya dengan melakukan dua pergantian pemain pada menit ke-59. Nguyen Van Toàn dan Ho Tan Tài masuk menggantikan Pham Xuân Manh dan Nguyen Tien Linh.

Namun, Indonesia tetap dominan dan pada menit ke-90’+8, Ramadhan Sananta mencetak gol ketiga untuk Indonesia, menegaskan kemenangan squad Garuda.

Pada akhirnya, babak kedua berakhir dengan kemenangan telak 0-3 untuk Indonesia atas Vietnam. Ini adalah kemenangan yang penting bagi Indonesia dalam upaya mereka untuk melaju ke Piala Dunia 2026.(ESPN/Jawapos/Inikata)

Writer: Jawapos