Kenali Ciri-ciri Orang yang Punya Intuisi Tinggi

INIKATA.co.id – Setiap orang memiliki tingkat intuisi yang berbeda-beda. Terkadang dalam menentukan pilihan atau menjalankan hidup seseorang mengandalkan intuisi mereka dalam hal menentukan pilihan atau jalan hidupnya. Sebenarnya apa itu intuisi sesungguhnya?

Secara umum intuisi dapat dikatakan sebagai keyakinan batin, firasat tentang sesuatu yang terjadi tanpa adanya bukti atau pengetahuan.

Baca juga:

Danny Pomanto-Chaidir Syam Ngopi Bareng Sambil Nikmati Roti Maros

Menurut pakar psikologi Universitas Toronto, Dr Paul Wong PhD yang dikutip oleh JawaPos.com (26/3) bahwa contoh intuisi itu ketika Anda diperkenalkan dengan seseorang untuk pertama kalinya. Radar pribadi Anda segera mendeteksi beberapa getaran negatif. Kehadiran seseorang tersebut membuat Anda tidak nyaman atau gelisah tapi Anda tidak tahu kenapa?

Apakah firasat Anda dapat diandalkan dan benar? Apakah Anda dipengaruhi oleh bias pribadi atau pengalaman masa lalu? Apakah itu sekadar mencerminkan kondisi mental Anda saat itu?

Dalam laman Dr Paul Wong, dia mengatakan bahwa beberapa orang tampak memiliki banyak intuisi. Orang-orang yang intuitif pada umumnya berhasil dalam apapun yang mereka lakukan, karena mereka dapat melihat segala sesuatunya dengan lebih jelas. Mereka pun juga menemukan solusi terbaik terhadap masalah dengan lebih cepat dibandingkan orang lain.

Baca juga:

Simak 5 Teknik untuk Membuat Intuisi Anda Semakin Tajam

Dia pun menggantikan dengan beberapa tokoh yang memiliki intuisi yang tinggi. Contohnya Warren Buffet, seorang pedagang pasar yang memiliki intuisi yang tinggi.

Dia memiliki kemampuan luar biasa dalam mengetahui kapan harus membeli dan kapan harus menjual. Lebih penting lagi, dia mampu memilih saham-saham yang jelas-jelas menjadi pemenang dalam jangka panjang.

Gary Kasparov diakui sebagai pecatur terhebat karena ia memiliki “sense catur” yang lebih baik dibandingkan grand master lainnya. Dia dapat mengantisipasi pergerakan pesaingnya, menghitung semua kemungkinan posisi, dan memutuskan langkah terbaik dalam beberapa detik. Pikirannya pasti bekerja 100 kali lebih cepat dari kebanyakan pecatur.

Dia juga mencontohkan, bahwa Paul bertemu dengan seorang pemuda yang bekerja di bengkel. Hanya melihat sekilas ke bawah kap mobil dan mendengarkan mesin selama beberapa detik, pemuda itu pun menemukan solusinya. Paul pun terkesan sebab saat mobilnya dibawa ke beberapa bengkel tidak menemukan solusi

Terlepas dari pekerjaan mereka, orang-orang yang intuitif menonjol karena pengamatan mereka yang tajam dan pikiran yang cepat. Mereka terbuka terhadap segala kemungkinan dan memilih solusi terbaik. Mereka dengan mudah mendeteksi asosiasi dan solusi, yang tersembunyi dari orang lain.

Sementara orang lain berdebat tentang isu-isu sepele atau tidak relevan dan tampaknya hanya berputar-putar, mereka selalu tahu bagaimana cara mengatasi masalah yang ada dan tidak memikirkan inti permasalahannya.

Orang-orang yang kaya akan intuisi tampaknya sepenuhnya selaras dengan lingkungan sekitar mereka dan memiliki kepekaan yang sempurna terhadap waktu. Apapun yang mereka lakukan, mereka mempunyai sentuhan yang tepat dan melakukan tindakan yang tepat.

Bahkan dalam situasi yang sangat menegangkan, mereka berhasil mencapai semua nada yang tepat tanpa berhenti berdetak. Mereka mampu membuat penilaian yang masuk akal dan melakukan intervensi optimal secara instan.(laman Dr Paul Wong/Jawapos/Inikata)

Writer: Jawapos