Pj Bupati Jeneponto Datangi Dusun Terisolir Parang Benrong, Komitmen Tindaklanjut Keluhan Warga

JENEPONTO, INIKATA.co.id – Kawasan terisolir di Dusun Parang Benrong Desa Gunung Silanu Kecamatan Bangkala akhirnya mulai didatangi pihak pemerintah.

Tempat yang sudah berpuluh tahun tak tersentuh listrik dan jaringan itu disambangi Pj Bupati Jeneponto, Junaedi.

Baca juga:

Pemkab Takalar Tampilkan Gandrang Bulo di Pekan Raya Sulsel

Pj Bupati Jeneponto ini mendatangi lokasi Dusun Parang Benrong dengan mengarahkan semua Forkopimda. Guna memastikan langsung nasib warga yang hidup serba terbatas di atas gunung Silanu tersebut.

“Alhamdulillah kami bisa hadir langsung bersama jajaran Forkopimda, Pak Kapolres, Pak Dandim, Ibu Ketua DPRD dan segenap tim dari pemerintah kabupaten Jeneponto datang langsung menemui warga Dusun Parang Benrong Desa Gunung Silanu Kecamatan Bangkala,” ucap Junaedi, Minggu (24/3/2024).

Dia mengatakan, kunjungan yang dilakukannya melewati jalanan terjal dan bebatuan itu dilakukan sehari menjelang awal Ramadan 1445 H atau Senin (11/3).

Baca juga:

Inspektorat Dalami Kasus Video Call Seks Oknum Kades di Jeneponto: Terbukti, Kita Pecat

Saat berada di lokasi Dusun Parang Benrong, Junaedi mengatakan pihaknya disambut baik oleh warga setempat. Lanjutnya, Pemkab Jeneponto dibawa kepemimpinannya komitmen bakal menindaklanjuti keluhan yang mereka alami di pedalaman.

“Masyarakat begitu antusias menerima kedatangan kami. Kami pun memberikan spirit kepada mereka bahwasanya pemerintah senantiasa hadir untuk bagaimana menyelesaikan berbagai persoalan yang mungkin masih dirasakan warga Dusun Parang Benrong,” terangnya.

Kepala Desa Gunung Silanu Nasrullah yang ikut mendampingi Pj Bupati Jeneponto mengatakan, mewakili warganya menyampaikan terimakasih karena mendapat kepala daerah yang cepat bertindak mengentaskan keluhan warganya.

“Saya sangat berterimakasih atas kedatangannya pak bupati bersama Forkopimda karena telah mengunjungi Dusun Parang Benrong yang selama ini memang masyarakatnya di wilayah terpencil,” tuturnya.

Dia berharap agar setelah kedatangan Pj Bupati Jeneponto ini dapat diperhatikan pembangunan dasar di Dusun Parang Benrong, terutama jalan yang memadai dan pemasangan listrik.

“Harapan kami agar kiranya bisa melihat baik dari jalannya menuju Paran Benrong dan penerangan yang ada di Dusun Parang Benrong,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, sejak puluhan tahun lalu hingga saat ini, Dusun Parang Benrong tak tersentuh perhatian pemerintah. Terutama, akses jalan dan pemasangan listrik.

Kampung ini terletak jauh dari poros Jeneponto dengan jarak tempuh kurang lebih 15 kilometer (Km). Mereka menempati di kawasan pegunungan yang terisolir. Akses untuk masuk ke perkampungan pun harus melewati jalanan terjal. Terlebih lagi, jarak rumah warga yang berdampingan pun cukup jauh, dari 10 hingga 50 meter.

Warga yang menempati dusun tersebut sebanyak 100 lebih kepala keluarga (KK) dengan jumlah warga kurang lebih 228 jiwa. Sebagian besar, kehidupan mereka bergantung pada tanaman jagung. Ini juga terlihat disisi kiri kanan sepanjang jalan dan diantara pegunungan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, tanaman lainnya seperti sukun pun juga cukup banyak ditanami di sekitaran halaman rumah warga. (**)