Ini Manfaat Minyak Ikan yang Belum Diketahui Untuk Anak-Anak!

INIKATA.co.id – Minyak ikan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan otak dan jantung.

Manfaat minyak ikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau mengonsumsi suplemen minyak ikan dalam bentuk kapsul atau sirup.

Baca juga:

Jangan Sampai Menyesal, Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Minyak ikan mengandung Omega-3, yaitu asam lemak esensial yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Tuna, salmon, tongkol, kerapu, kembung, dan makarel merupakan contoh-contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak Omega-3.

Jenis Omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA).

Jenis Omega-3 ini berbeda dengan asam lemak Omega-3 yang ditemukan pada sumber nabati, yakni alpha-linolenic acid (ALA).

Meskipun ALA juga merupakan asam lemak esensial, EPA dan DHA memiliki manfaat yang lebih banyak untuk kesehatan tubuh.

Melansir dari Holland & Barrett dan jawapos, berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi minyak ikan.

Membantu konsentrasi

Menurut beberapa penelitian, Omega-3 dapat membantu anak-anak dengan atau tanpa ADHD untuk mengurangi impulsive, hiperaktif dan meningkatkan kemampuan mereka untuk lebih berkonsentrasi.

Meningkatkan fungsi otak

Omega-3 juga dikaitkan dengan peningkatan pembelajaran, perencanaan, memori dan perkembangan otak pada bayi dan anak-anak, menurut sebuah penelitian pada tahun 2009 yang dilakukan oleh J Pediatr Gastroenterol Nutr.

Dapat meningkatkan mood anak juga

Menurut beberapa penelitian, Omega-3 juga dapat membantu dalam meningkatkan mood atau suasana hati dari anak-anak menjadi lebih baik.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Manfaat lain dari Omega-3 bagi tubuh adalah dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh bagi anak-anak secara optimal, dan selain itu, bagi mereka yang tidak memakan ikan maka mereka juga bisa mendapatkan manfaatnya dari suplemen.

Mencegah perkembangan penyakit asma

Bagi anak-anak penderita penyakit asma, maka dengan mengonsumsi Omega-3 maka perkembangan penyakit tersebut di dalam tubuh bisa dicegah dan dikurangi, memberikan mereka sebuah efek perlindungan.

Membantu tidur lebih nyenyak

Beberapa penelitian menunjukkan adanya bukti bahwa anak-anak yang mempunyai kandungan Omega-3 yang rendah lebih sering mendapatkan kualitas tidur yang buruk dan tidak nyaman.

Namun dengan diberi Omega-3, maka kualitas tidur mereka akan meningkat dan membuat mereka bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman.(Holland & Barrett/jawapos/inikata)

Writer: Jawapos