Sakit Gigi Saat Sedang Menjalankan Ibadah Puasa? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

INIKATA.co.id – Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh sebagian orang. Sakit gigi menyebabkan rasa sakit dan nyeri dengan tingkat keparahan yang bervariatif.

Banyak hal yang menjadi penyebab dari sakit gigi ini, mulai dari pola makan hingga gigi berlubang. Bakteri yang hidup di mulut dapat bertumbuh dengan baik akibat gula atau sari dalam makanan yang kita konsumsi. Saat puasa, tentu kondisi ini membuat tidak nyaman dan rasa sakit.

Baca juga:

Simak Tujuh Nutrisi Makanan untuk Tingkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma, Kaum Adam Wajib Tahu

Dilansir dari Jawapos, berikut penyebab sakit gigi yang dapat muncul pada saat puasa:

Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Bagi penderita gigi sensitif tentu makanan manis dapat menyebabkan gigi terasa nyeri. Pada saat berpuasa, kita sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis saat sahur dan berbuka.

Mengonsumsi makanan dan minuman manis memang menjadi sunnah untuk dilakukan saat bulan puasa. Namun, harus dibatasi dan menjaga kebersihan mulut agar tidak terjadi kerusakan pada jaringan gigi dan jaringan lainnya.

Konsumsi Makanan dan Minuman Panas

Selain makanan dan minuman manis, sakit gigi juga dapat terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman panas. Makanan dan Minuman panas dapat membuat gigi terasa lebih sensitif ditambah dengan kurangnya air liur saat berpuasa.

Kebersihan Mulut dan Gigi yang Kurang Terjaga

Ketika berpuasa, sebagian orang tidak terlalu memikirkan kebersihan mulut karena merasa sedang berpuasa. Namun, hal itu menjadi faktor timbulnya sakit gigi karena tidak terjaga dengan baik. Meskipun sedang berpuasa, setiap orang diharapkan tetap menyikat gigi dengan benar minimal 2 kali sehari.

Mulut Kering

Pada saat berpuasa, kondisi mulut cenderung lebih kering karena kekurangan cairan tubuh. Produksi air liur juga akan sangat berkurang yang membuat air liur tidak dapat melindungi gigi secara baik.

Hal itu membuat terjadinya penumpukan karang gigi dan kerusakan pada gusi dan gigi. Hal ini menjadi salah satu faktor munculnya nyeri atau sakit pada gigi.

Pada saat berpuasa tentu semua umat Islam tidak bisa mengonsumsi obat pereda nyeri sakit gigi. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa sakit yang timbul pada saat berpuasa. Berikut beberapa tipsnya.

Kompres dengan Es Batu

Menempelkan es batu di bagian pipi yang bertepatan dengan posisi gigi yang mengalami sakit selama 10-15 menit. Tidak disarankan menempelkan es baru secara langsung ke pipi tetapi dengan menggunakan kain untuk membungkus es batu tersebut.

Dengan menempelkan es batu dapat meredakan nyeri yang timbul di bagian saraf dalam beberapa waktu. Cara ini dapat dilakukan berulang kali ketika nyeri mulai terasa kembali.

Kumur air Garam atau Larutan Antiseptik

Air Garam atau Larutan Antiseptik dapat membantu meredakan sakit gigi karena memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri. Air garam juga dapat menghambat dan membunuh kuman yang ada di dalam mulut.

Cara penggunaannya yaitu dengan mencampur air dengan garam kemudian dicampur. berkumur beberapa kali dan jangan menelan air garam tersebut agar tidak membatalkan puasa.

Berbaring dan Posisikan Kepala Lebih Tinggi

Istirahat yang cukup dapat menjadi cara untuk meringankan sakit gigi saat sedang berpuasa. Pada saat berbaring, alangkah baiknya memposisikan kepala lebih tinggi dengan menumpuk beberapa bantal.

Posisi kepala yang lebih tinggi dapat membuat aliran darah ke area mulut dapat berkurang sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul.(jawapos/inikata)