Danny Paparkan Makassar Low Carbon City di USAID Ccbo

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berkomitmen membawa Makassar menjadi kota rendah karbon.

Bahkan kata Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto, pemkot Makassar telah memiliki sejumlah program yang mendukung gerakan low carbon di Makassar.

Baca juga:

Tari Bala Tau Asal Polman dan Tari Angguk Kulonprogo Pukau Penonton F8

“Saya buat program lorong wisata. Dari 8 ribu lorong di Makassar kini sudah ada 2.500 lorong wisata,” kata Danny Pomanto pada acara USAID Clean Cities Blue Ocean (CCBO) di Makassar, Selasa, (19/03/2024).

Danny mengatakan saat ini pemerintah kota Makassar telah menerapkan pemakaian panel surya di sekolah-sekolah sebagai pendamping listrik.

Demikian pula dengan penggunaan transportasi ramah lingkungan. Pihaknya saat ini tengah merampungkan mobil Commuter Metromoda (Co’mo).

Baca juga:

ITB Nobel Tawarkan Kerja Sama Bidang SDM ke Pemkot Makassar

“Tim sedang mempersiapkan Co’mo dengan mesin dan desain yang lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Danny berharap, kerja sama dengan USAID terus berlanjut demi mewujudkan Makassar yang bersih dan Low Carbon City di masa depan.

“Kita bersyukur USAID selalu mensupport Pemkot Makassar. Apa yang saya bangun, seperti menata kembali sistem retribusi persampahan, sistem collecting yang disempurnakan, kesadaran masyarakat yang perlu ditingkatkan. Itu semua menjadi doa yang terjawab atas kolaborasi dengan USAID ini,” harapnya.

Direktur Misi USAID Indonesia Jeffrey P. Cohen menyambut baik kerjasaka dengan pemerintah kota terkait low carbon city.

“Saya senang program ini melengkapi inisiatif lingkungan bapak wali kota. Saya berharap terus melanjutkan kemitraan dengan Makassar,” ucapnya.(**)

Writer: Mawar