Pelindo Jasa Maritim Sediakan Kuota Mudik Gratis untuk Dua Rute di Sulsel

MAKASSAR, INIKATA.co.id – PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), salah satu subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group kembali menggelar program Mudik Gratis di tahun2024.

Disediakan dua rute tujuan yaitu Makassar – Palopo dan Makassar – Bulukumba dengan titik start dari Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

Baca juga:

Upayakan Peluang Kerja bagi Difabel, Ini yang Dilakukan Disnaker Makasar

“Mudik Gratis yang digelar oleh SPJM ini merupakan bagian dari program Mudik Gratis Bersama BUMN dan Pelindo Group merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan,” kata Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar dalam keterangannya, Sabtu (16/3/2024).

Patrick mengatakan bahwa tahun ini SPJM akan menyediakan sebanyak 270 kursi untuk rute tujuan Makassar – Palopo. Sedangkan untuk rute tujuan Makassar – Bulukumba disediakan sebanyak 30 kursi.

Pemudik adalah masyarakat yang turun di Pelabuhan Makassar dan masyarakat umum yang akan balik ke kampung halamannya di Palopo dan Bulukumba, serta beberapa kabupaten yang dilalui bus tersebut.

Baca juga:

Pj Gubernur Sulsel Tegaskan ASN Netral di Pemilu, Tak Memihak-Kampanye

Palopo adalah kabupaten yang mengarah ke utara, berjarak lebih dari 370 Km dari Makassar dan biasanya ditempuh kurang lebih dalam 9 sampai 10 jam perjalanan. Beberapa kabupaten yang dilalui sebelum tiba di Palopo adalah Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, dan Sidrap.

Sementara Bulukumba adalah kabupaten yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi dengan jarak tempuh sekitar 164 Km dari Makassar. Umumnya ditempuh dalam 5 jam perjalanan.

“Kami menyediakan bus yang nyaman untuk dipakai selama perjalanan mudik nanti. Bagi setiap penumpang nantinya juga akan mendapatkan pembagian nadi, takjil dan minuman sebagai bekal dalam perjalanan,” katanya.

“Kami berharap para calon pemudik yang ingin memanfaatkan kuota gratis ini agar segera mendaftarkan diri melalui link yang disebar di media sosial SPJM, antara lain di Instagram SPJM @pelindomaritim,” sambung Patrick.

Selanjutnya, calon pemudik dapat memindai barcode atau kode batang yang akan mengantarkan mereka ke nomor kontak sesuai rute yang dipilih nantinya.

“Tim kami setiap saat akan membantu masyarakat yang berminat untuk mengikuti program ini,” urai Patrick.

Ia menambahkan, sebagaimana tahun lalu, peserta mudik gratis akan dilepas di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

“Saya berharap program ini dapat mengantarkan saudara semua untuk tiba dengan selamat di tempat tujuan dan berkumpul bersama keluarga tercinta pada hari raya Idul Fitri nanti, Patrick memungkasi.