Ini Hal yang Membuat Rambut Anda Putih di Usia Muda

INIKATA.co.id – Rambut putih di usia muda sering kali menjadi masalah yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Rambut putih biasanya terjadi karena kurangnya melanin, pigmen yang memberi warna pada rambut, atau karena adanya faktor genetik, stres, atau kondisi kesehatan tertentu.

Baca juga:

5 Tips Agar Tubuh Tetap Fit dan Tidak Ngantuk Saat Puasa

Ketika seseorang mengalami rambut putih di usia muda, ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan memengaruhi kepercayaan diri mereka, terutama dalam situasi sosial atau profesional.

Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab di balik rambut putih di usia muda agar dapat mengatasi masalah tersebut dengan lebih baik.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan warna rambut ini, seseorang dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelola atau bahkan mencegah munculnya rambut putih di usia muda.

Dilansir dari PharmEasy pada Rabu (13/3), berikut merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut Anda putih di usia muda.

1. Genetik

Faktor genetik dapat memengaruhi kemungkinan seseorang memiliki rambut putih atau rambut yang menua secara dini. Jika orang tua atau kakek nenek Anda memiliki riwayat rambut putih yang muncul pada usia yang relatif muda, kemungkinan besar gen-gen yang sama yang mempengaruhi rambut mereka juga akan memengaruhi rambut Anda.

Proses ini terjadi karena gen-gen tertentu mempengaruhi aktivitas sel-sel pigmen di kulit kepala, yang bertanggung jawab untuk memberikan warna pada rambut.

Jika gen-gen ini menyebabkan sel-sel pigmen berhenti atau berkurang dalam produksi pigmen, maka rambut akan mulai menua dan memutih lebih awal dari yang diharapkan.

Dengan demikian, faktor genetik dapat menjadi salah satu faktor penentu utama dalam penentuan kapan seseorang akan mengalami rambut yang menua.

2. Stres

Stres dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan rambut seseorang. Ketika seseorang mengalami stres, tubuh mereka dapat menghasilkan hormon stres yang berlebihan, seperti hormon kortisol.

Hormon stres ini dapat memengaruhi berbagai fungsi tubuh, termasuk aktivitas sel-sel pigmen di kulit kepala yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada rambut.

Peningkatan kadar hormon stres dapat mengganggu produksi pigmen oleh sel-sel pigmen, yang akhirnya dapat menyebabkan rambut menjadi putih secara lebih cepat dari biasanya.

3. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh, yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit, secara tiba-tiba menyerang sel-sel sehat dalam tubuh.

Misalnya, pada kondisi seperti alopecia dan vitiligo, sistem kekebalan tubuh dapat menyerang sel-sel pigmen di kulit dan rambut, menyebabkan kerusakan atau kehilangan pigmen yang memberikan warna pada rambut.

Dengan demikian, orang dengan penyakit autoimun tersebut dapat mengalami kebotakan atau perubahan warna kulit dan rambut.

Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan pengobatan yang ditujukan untuk mengendalikan respons sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel-sel pigmen.

4. Gangguan tiroid

Perubahan hormonal akibat kondisi tiroid seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme juga dapat memicu rambut putih sejak dini.

Tiroid membantu mengontrol banyak fungsi tubuh kita, termasuk dalam mengontrol warna rambut. Jika tiroid tidak seimbang, akan menyebabkan produksi melanin yang lebih sedikit, sehingga menyebabkan hilangnya warna rambut.

5. Kekurangan vitamin B12

Kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan rambut Anda berubah putih sejaj dini. Vitamin penting ini dapat menjaga kesehatan sel darah merah yang mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh Anda, termasuk sel-sel rambut.

Tanpa cukup vitamin B12, sel-sel rambut Anda akan melemah, sehingga dapat mengganggu produksi melanin, dan pada akhirnya akan menyebabkan rambut Anda menjadi putih sejak dini.

6. Merokok

Merokok tembakau dapat menyebabkan rambut Anda berubah warna menjadi putih sebelum waktunya. Penelitian telah menghubungkan korelasi antara merokok dengan rambut putih sebelum usia 30 tahun.

Selain meningkatkan risiko penyakit seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung, merokok jangka panjang memengaruhi rambut dengan menyebabkan rambut putih sejak dini.(pharmeasy.in/jawapos/inikata)