Simak Beberapa Amalan Bulan Ramadhan yang Dianjurkan kepada Umat Islam

INIKATA.co.id – Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Sekaligus menjadi kesempatan istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia untuk memperbanyak amalan dan meraih pahala yang berlipat ganda.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengejar amalan di bulan Ramadhan. Selain menjalankan ibadah puasa wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah lainnya.

Baca juga:

Momentum Ramadan, Pj Gubernur Sulsel Imbau Warga Budayakan Gerakan Saling Membantu

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui amalan apa saja yang dapat dilakukan untuk menyertai ibadah puasa di bulan yang suci ini.

Oleh karena itu, berikut 9 amalan yang dianjurkan pada bulan Ramadhan dikutip JawaPos.com dari buku Fiqih Praktis Puasa Ramadhan karya Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi & Abu Abdillah Syahrul Fatwa bin Luqman.

1. Makan Sahur

Baca juga:

Mimpi Thalhah Bin Ubaidillah Tentang Pahala Ramadan, Simak Pesan Sekretaris MUI Sulsel

Sebelum menjalankan ibadah puasa, umat Islam dianjurkan untuk sahur terlebih dahulu. Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Mengakhirkan Sahur

Anas bin Malik meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit, “Kami sahur bersama Rasulullah SAW, kemudian beliau berdiri untuk salat Subuh. Aku bertanya (kata Anas): Berapa lama jarak antara selesai sahurnya dengan azan? Zaid menjawab, “Lamanya sekitar bacaan 50 ayat.” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Menyegerakan Berbuka Puasa

Segeralah berbuka ketika azan Magrib telah dikumandangkan. Rasulullah SAW bersabda, “Manusia senantiasa berada di dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa.” (HR Bukhari dan Muslim).

4. Berbuka dengan Kurma

Dari Anas bin Malik, ia berkata: “Rasulullah SAW berbuka puasa dengan kurma basah sebelum salat. Apabila tidak ada kurma basah, maka beliau berbuka dengan kurma kering. Apabila tidak ada kurma kering, maka beliau berbuka dengan air.” (HR Abu Dawud).

5. Berdoa Ketika Berbuka

Dari Ibnu Umar, “Rasulullah SAW ketika berbuka puasa membaca doa: Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insya Allah.” (HR Abu Dawud dan Nasa’i).

Arti dari doa tersebut adalah sebagai berikut: “Telah hilang rasa dahaga, telah basah kerongkongan, dan mendapat pahala insya Allah.”

6. Memperbanyak Sedekah

Di bulan yang suci ini, umat Islam dianjurkan untuk membantu sesama. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak sedekah kepada sesama.

Dari Ibnu Abbas, “Rasulullah SAW adalah manusia yang paling dermawan. Beliau menjadi lebih sangat dermawan jika bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim).

7. Membaca Alquran

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya kitab Alquran. Oleh karena itu, sudah semestinya umat Islam memuliakannya dengan banyak membaca dan memahami isi dari Alquran.

Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca satu huruf Alquran, maka baginya satu kebaikan, setiap satu kebaikan dilipatgandakan menjadi hingga sepuluh kebaikan. Aku bukan mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR at-Tirmidzi).

8. Salat Tarawih

Salat Tarawih adalah salah satu jenis ibadah yang hanya ada pada bulan Ramadhan. Pahala yang didapatkan dari melaksanakan salat Tarawih sangat besar.

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa mengerjakan salat malam di bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharap pahala Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari dan Muslim).

Bagi kaum wanita yang ingin salat Tarawih di masjid, hendaknya memperhatikan adab-adab pergi ke masjid, seperti berpakaian syar’i, tidak memakai parfum, dan sebagainya.

9. Memperbanyak Doa

Pada bulan yang penuh berkah ini, umat Islam sangat dianjurkan untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Hal tersebut karena keadaan berpuasa termasuk salah satu waktu terkabulnya doa.

Rasulullah SAW bersabda, “Tiga doa yang tidak tertolak: doa orang tua, doa orang yang puasa, dan doa orang musafir (bepergian).” (HR al-Baihaqi).(jawapos/inikata)