Rekapitulasi Rampung, Prabowo-Gibran Menang di Kota Makassar

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka memperpanjang suara terbanyak di Kota Makassar yakni, 356.896 suara.

Hasil tersebut didapatkan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar merampungkan proses rekapitulasi suara tingkat Kota Makassar, pada Jumat (8/3/2024).

Baca juga:

Utamakan Kepentingan Nasional, Ganjar Pranowo Sebut Semangat Politik Luar Negeri Indonesia Harus Direvisi

Di posisi kedua suara terbanyak diperoleh pasangan calon (Paslon) nomor urut 01, Anies-Muhaimin (AMIN) sebanyak 340.023 suara.

Sementara untuk pasangan nomor urut 03, Ganjar – Mahfud MD hanya memperoleh sebanyak 61.193 suara.

“KPU Makassar telah melakukan rapat rekapitulasi suara tingkat Kota Makassar, di aula KPU Makassar disaksikan saksi dan Bawaslu Makassar,” kata Komisioner KPU Makassar, Muh Abdi Goncing pada saat rapat penetapan hasil rekapitulasi suara, Jumat (8/3).

Baca juga:

Wawali Makassar Tinjau 5 Lorong Wisata, Periksa Kesiapan UMKM Jelang APEKSI

Ia menjelaskan, proses rekapitulasi suara tingkat Kota Makassar dilakukan selama 8 hari. Pertama, dilakukan di salah satu hotel kemudian dipindahkan ke Aula Kantor KPU Makassar.

“Untuk total keseluruhan suara sebanyak 769.464 suara. Untuk suara sah sebanyak 758.112 suara dan suara tidak sah sebanyak 11.352,” jelasnya.

Dalam proses rekapitulasi terdapat sedikit polemik. Lantaran, saksi dari pasangan capres-cawapres nomor urut 3, menolak hasil rekapitulasi suara itu dengan tidak menandatangani hasil rekapitulasi.

“Iya saksi paslon nomor urut 03 tidak tandatangan hasil rekapitulasi suara,” sambungnya.

Meski demikian, hasil rekapitulasi suara di tingkat Kota Makassar ini akan tetap diserahkan ke KPU Sulsel untuk dilakukan rekapitulasi suara tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.