BMKG: Waspada Bencana Hidrometeorologi di Sulsel

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Hujan lebat disertai angin kencang dan petir diperkirakan akan terjadi di Daerah Sulawesi Selatan (Sulsel). Hal ini berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, Jumat (8/3/2024).

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Nur Asia Utami menyampaikan bahwa pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini waspada potensi banjir di Sulsel.

Baca juga:

Dampak Kemarau, Kecamatan Ujung Tanah Paling Parah Alami Kekeringan

“Waspada hujan intensitas sedang lebat disertai angin kencang dan kilat/petir yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi di wilayah Sulsel,” imbuh Nur.

Sedangkan di wilayah Makassar kata dia, diprediksi juga terjadi kondisi cuaca seperti hujan lebat dan petir hingga sore hari.

“Kami prediksi Kota Makassar akan hujan disertai petir saat siang dan sore hari. Pada malam harinya intensitas hujan mereda ke kategori ringan,” ucapnya.

Dijelaskan, kecepatan angin lebih tinggi dari hari sebelumnya yang berkisar 20 per jam. Suhu udaranya dikisaran 24- 32 derajat Celsius. Sedangkan kelembapan antara 70 persen hingga 95 persen.

Sementara Prakirawan BMKG Maritim Paotere, Aditya Randianto mengatakan ketinggian gelombang di perairan Makassar berkisar 0,5 – 1 meter.

“Angin berhembus dari arah barat daya ke barat laut dan tinggi gelombang antara 0,5 sampai 1 meter,” bebernya. (C/Fadli)