Jaga Stabilitas Harga Pangan Jelang Ramadan, DKP Gencarkan Gerakan Pangan Murah

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Pemerintah Kota Makassar, mulai gencar melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) menjelang bulan ramadan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar, Alamsyah Sahabuddin mengatakan, gerakan pangan murah yang digelar tersebut untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang bulan Ramadan. Apalagi kata dia, harga beras beberapa waktu terakhir mengalami lonjakan.

Baca juga:

Indira Yusuf Ismail Tebar Kebahagiaan dalam Anjangsana di Panti Asuhan

“Dimulai dari kemarin serentak di tujuh kecamatan yaitu Tamalanrea, Biringkanaya, Tamalate, Mariso, Rappocini, Makassar dan Kecamatan Tallo,” kata Alamsyah, Kamis (7/3/2024).

Alamsyah menyebutkan, pihaknya menyiapkan 1,5 ton beras untuk satu titik GMP. Selain beras, masyarakat juga dapat menebus murah sejumlah bahan pokok seperti minyak goreng, gula pasir, terigu, daging ayam, telur dan aneka jenis sayuran.

“Selisih harganya di pangan murah dengan pasar ritel pada umumnya ada di kisaran Rp1000 hingga Rp2000. Pangan murah ini berlaku untuk masyarakat umum,” jelas Alamsyah.

Baca juga:

Pastikan Aman dari Pestisida, DKP Makassar Rapit Tes Sayuran dan Buah di Pasar Modern

Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak menghawatirkan stok beras selama bulan Ramadan.

Alamsyah mengaku menyiapkan sekitar 152.995,07 ton beras jenis medium untuk mencakup kebutuhan masyarakat Makassar hingga lebaran Idul Fitri mendatang.

“Stok (beras) aman sampai idul fitri. Sesuai intruksi bapak wali kota (Danny Pomanto), kita akan terus pantau ketersediaan dan kestabilan harga pangan di masyarakat,” pungkas Alamsyah. (C/Mawar)