Bocoran! 3 OPD Terbaik di Pemkot Makassar, Juara 1 Nggak Terduga!

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Makassar mengumumkan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik.

Tiga OPD terbaik ini yakni Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Badan Penelitan dan Pengembangan Daerah atau Brida.

Baca juga:

Ribuan CCTV Terpasang di Makassar, Kapolda Sulsel: Sangat Membantu Jaga Ketertiban dan Keamanan Tahun Politik

Tiga OPD terbaik lingkup Pemkot Makassar ini perihal dokumen perencanaan terbaik untuk tahun 2023 lalu.

Kepala Bappeda Makassar, Zulkifli Nanda mengatakan ada beberapa indikator yang menjadi penilaian kepada seluruh OPD yang mengikuti seleksi dokumen perencanaan terbaik ini.

Pertama, bagaimana kualitas perencanaan kerja yang telah OPD buat, kedua evaluasi dokumen perencanaan dan ketiga inovasi yang sejalan dengan visi misi Pemkot Makassar.

“Jadi tiga indikator penting ini menjadi poin penilaian yang penting. Dan yang OPD paling terbaiki itu Dinas Pariwisata nilainya 100. Ini hasil evaluasi dan penilaian dari juri-juri,” ujarnya.

Kata Zul, ada dua OPD yang tidak diikutkan dalam penilaian dokumen perencanaan terbaik yakni Inspektorat dan Bapenda. Pasalnya, Inspektorat sudah tugasnya memeriksa dokumen-dokumen setiap OPD.

“Sementara, Bapenda kan kepala Bapendanya jadi Pj Sekda jadi tidak objektif kita ikutkan. Jadi Pj Sekda ikut jadi juri menilai dokumen perencanan setiap OPD,” tuturnya.

Pada kesempatan ini pula, Zul menambahkan akan memberikan apresiasi kepada OPD terbaik dalam bentuk prioritas dukungan pagu program kegiatan yang diusulkan.

“Jadi semua OPD kita akan dukung pagu programnya. Tapi 3 OPD dengan dokumen perencanaan terbaik ini kita akan prioritaskan pagunya,” pungkasnya.

Penghargaan kepada tiga OPD ini juga diapresiasi langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto dengan menyerahkan langsung piagam penghargaan di sela-sela Musrenbang RKPD Kota Makassar, di Hotel Claro, Rabu 6 Maret 2024. (*)