Perkuat Sinergi Statistik Sektoral, Diskominfo Makassar Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas SDM terkait peningkatan mutu statistik yang terintegrasi di Baruga Aging Mammiri, Selasa (05/03/2024).

Kegiatan Bimtek bertajuk “Membangun Sinergi Statistik Sektoral Berkualitas Melalui Sistem Romantik BPS Menuju Tata Kelola Pemerintahan Akurat dan Efisien Tahun 2024” diikuti oleh seluruh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Makassar.

Baca juga:

BPKAD Makassar Proyeksi Silfa Tahun 2023 Lebih Rendah dari 2022

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Andi Muhammad Yasir hadir membuka acara mewakili Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

“Bimtek ini penting untuk menjaga kualitas dan ketepatan data statistik yang dihasilkan, guna mendukung pelayanan publik yang efektif, serta menjadi bahan evaluasi untuk mengambil keputusan yang relevan, akurat dan tepat,” kata Muhammad Yasir saat memberi sambutan.

Muhammad Yasir pun menekankan adanya kerjasama yang kuat dari semua pihak untuk menciptakan sinergi statistik sektoral.

“Oleh karena itu, sinergitas seluruh pihak mulai pembina data, walidata, koordinator, dan seluruh OPD sebagai produsen data perlu saling berkoordinasi dan saling bekerjasama guna menghasilkan data berkualitas, mudah diakses dan dapat dipakai antar instansi pusat serta daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengolahan Data Elektronik Diskominfo Makassar, Suhendra menuturkan, Bimtek ini diharapkan dapat memberi pemahaman kepada produsen data sektoral terkait rekomendasi Aplikasi Romantik BPS.

“Tujuannya agar produsen data sektoral bisa menginformasikan rencana penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral di unit kerja masing-masing kepada BPS guna mendapatkan rekomendasi Aplikasi Romantik BPS,” tuturnya.

Kegiatan Bintek ini menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar yakni Wahyuni Febrianti Afendi dan Wiena Hardian Pratama. (*)