Kota Makassar Kembali Raih Adipura, Pj Sekda: Berkat Sinergitas OPD dan Masyarakat

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Pemerintah Kota Makassar kembali meraih penghargaan Adipura tahun 2023-2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kota Makassar bersama 16 kota lainnya di Sulawesi Selatan berhasil membawa pulang piala Adipura untuk daerahnya.

Baca juga:

Ketua PKK Minta Dibangunkan Fasilitas dan Sarana Edukasi Anak-anak

Adapun daftar kota di Sulsel yang meraih piala Adipura yakni, kota Makassar, kota Maros kab. Maros, kota Pangkep kab. Pangkajene Kepulauan, kota Barru Kab. Barru, kota Parepare, kota Pinrang kab. Pinrang, kota Pangkajene kab. Sidrap dan kota Palopo.

Selanjutnya, kota Watampone kab. Bone, kota Bulukumba kab. Bulukumba, kota Watansoppeng kab. Soppeng, kota Malili kab. Luwu Timur, kota Enrekang kab. Enrekang, kota Sengkang kab. Wajo, kota Sinjai kab. Sinjai, kota Benteng kab. Kepulauan Selayar dan kota Bantaeng, kab. Bantaeng

Ke 17 kota tersebut telah dinyatakan sebagai kota di Indonesia yang berhasil dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan oleh Kementerian KLHK.

Baca juga:

Kota Makassar Kembali Raih Adipura 2024

Ucapan syukur dilontarkan l Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) kota Makassar, Firman Hamid Pagarra.

Ia mengatakan, penghargaan Adipura yang diraih oleh pemerintah kota Makassar, tidak lepas dari sinergitas dan komitmen seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemkot Makassar.

“Alhamdulillah, Makassar meraih Adipura tahun ini. Penghargaan ini tidak lepas berkat sinergitas dan komitmen dari seluruh opd, dan tentunya masyarakat kota Makassar,” ujar Firman, Senin (4/3/14).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Firman Pagarra turun langsung ke lapangan memimpin seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Makassar, melakukan aksi bersih-bersih kota atau kerja bakti bersama.

Kerja bakti ini dilakukan secara serentak di beberapa titik, seperti TPA Antang, drainase kantor pemerintahan, sekolah-sekolah dan fasilitas kesehatan, Sabtu (27/1/24) lalu.

“Sudah berjalan kerja bakti yang dilakukan secara serentak. Kegiatannya berjalan dengan maksimal dan terarah, dan diharapkan kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin setiap minggunya,” kata Firman

Firman mengatakan aksi bersih-bersih serentak yang dilakukan seluruh OPD ini dibagi per lokasi yang telah ditentukan.

Seperti OPD Dinas Kesehatan kerja bakti di area RSUD dan Puskesmas. Dinas Pendidikan mendapat lokasi drainase disekitaran jalan Anggrek dan wilayah sekolah masing-masing.

Selanjutnya Dinas Ketahanan Pangan melakukan kerja bakti pada drainase pemukiman warga RW 3 Kelurahan Kapasa. BPBD dan Satpol PP Makassar mendapat lokasi di Inspeksi Kanal Jalan Abdullah Daeng Sirua.

Melihat antusias para OPD dan jajarannya, Firman optimis 100 persen meraih kembali piala Adipura dengan catatan dilakukan dengan kerja keras dan kerja cerdas.

“Kita gencar dan harus aktif karena terakhir kita raih piala Adipura itu di periode pertama Pak Wali Kota Danny, kami optimis di periode ke dua masa jabatannya kita akan raih kembali,” ucap Firman.(mawar)