Massa Demo di KPU Sinjai Ricuh, 7 Orang Diamankan karena Bawa Senjata Tajam

SINJAI, INIKATA.co.id – Puluhan masyarakat melakukan unjuk rasa di depan Kantor KPU Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/3/2024) berakhir ricuh. Sebanyak 7 orang diamankan polisi.

Kericuhan itu berawal saat massa aksi berusaha masuk ke Kantor KPU Sinjai tapi dihalau polisi. Aksi saling dorong terjadi yang berujung dugaan pemukulan terhadap terhadap sejumlah polisi wanita (Polwan) yang berjaga.

Baca juga:

Kapus Bastura Diduga Meninggal Tidak Wajar, Puluhan Mahasiswa Demo Polres Luwu

Kapolres Sinjai, AKBP Fery Nur Abdullah mengatakan, 7 orang peserta aksi demo diamankan. Selian itu, pihaknya juga mengamankan sejumlah senjata tajam dan bom molotov di kendaraan pengunjuk rasa.

“Ada 7 orang yang kita amankan karena membuat keributan dan juga membawa senjata tajam,” kata Fery Nur Abdullah kepada wartawan, Sabtu (2/3) malam.

Fery menjelaskan, jika massa demo karena menolak penghitungan suara dari Kecamatan Sinjai Borong. Mereka menilai telah terjadi kecurangan. Tetapi saat massa difasilitasi bertemu dengan komisioner KPU, malah membuat keributan.

“Tujuan mereka datang (demo) di Kantor KPU Sinjai ingin menyampaikan pendapat dan menghentikan proses rekapitulasi yang sedang berlangsung,” kata Fery.

“Ini saya lihat memang ada gerakan secara sistematis dan menghendaki kegiatan ini mereka akan ricuh,” sambungnya.

Pihaknya menegaskan, meski terjadi demo ricuh, proses rekapitulasi tetap dilaksanakan. Sementara puluhan massa yang melakukan demo telah meninggalkan lokasi.

“Rekapitulasi tetap dilaksanakan. Mereka yang diamankan sementara kami periksa, ketika terbukti melanggar hukum akan diproses lanjut,” tegasnya.