Rekap Kecamatan Rampung, Yasir Machmud Raih Suara Tertinggi Kalahkan Tenri Abeng

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Perhitungan suara berjenjang dari kecamatan kini sampai di tingkat KPU Kabupaten Bone, Kamis (29/02/2024).

“Secara keseluruhan Partai Gerindra meraih suara sebanyak 161.261 suara. Rekap DAA hasil 27 kecamatan lengkap kami pegang sekarang,” ungkap Mujiburrahman selaku Ketua TIM Monev Pemenangan Yasir Machmud, Jumat (01/03/2024).

Baca juga:

Bawaslu Hentikan Perkara Dugaan Pelanggaran Kampanye Caleg DPR RI di Makassar

Muji–sapaan akrab Mujiburrahman mengatakan dari hasil rekap telah dijumlahkan secara keseluruhan. Di mana hasilnya Yasir Machmud meraih 51.437 suara unggul 68 suara dari Tenri Abeng dengan total suara 51.369.

“Saat ini kami sementara mencocokkan 2.270 TPS yang tercatat kedalam rekap DAA hasil kecamatan dengan C1 yang kami miliki. Dari hasil penelusuran C1, sementara ini kami telah mencatat beberapa pengurangan suara partai,” ungkapnya.

Sekretaris Umum KONI Sulsel ini mengaku sudah menemukan beberapa pengurangan suara partai yang ada di DAA hasil dengan C1 yang ada setelah PPK melakukan rekap plano kecamatan. “Kami sudah mengingatkan sebelumnya kepada penyelenggara bahwa jangan permainkan suara rakyat,” tegasnya.

Baca juga:

Perolehan Suara Merosot di Pemilu, Kader PPP Ini Minta Mardiono Mundur

“Kami akan segera melaporkan pengurangan dan pergeseran suara yang telah kami temukan kepada saksi partai yang mengikuti rekap di tingkat kabupaten untuk proses penyelesaian sengketa cepat,” ujarnya

Berdasarkan aturan, maka Bawaslu berhak memberikan rekomendasi penyelesaian sengketa cepat sebagai langkah mediasi atas permintaan saksi dan nantinya akan di buka Da Hasil dengan C1 TPS yang dianggap ada perbedaan dan perubahan.

“Kalau usulan kami tidak digubris maka kami akan melapor ke divisi penanganan pelanggaran dan penyellesaian sengketa Bawaslu Provinsi dan GAKUMDU (Gabungan Pihak Berwajib) yang menangani pelanggaran pemilu,” tegas Mujiburrahman lagi.

Berdasarkan perhitungan internal, Muji yang pernah menjadi legislator di DPRD Kota Makassar Periode 2009-2014 ini, tetap optimis bahwa Partai Gerindra bisa mengantongi tiga kursi untuk Dapil Sulsel 7 Bone. (*)