Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi Digelar 3 Maret, KPU Sulsel Harap Rekapitulasi Tingkat Kabupaten/Kota Dirampungkan

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Rekapitulasi suara untuk tingkat provinsi akan dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2024 mendatang. Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel berharap rekapitulasi suara Pemilu tingkat kabupaten/kota secepatnya selesai.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Sulsel, Hasbullah. Ia mengatakan, penghitungan kabupaten/kota harapannya sampai tanggal 2 Maret 2024 sudah selesai.

Baca juga:

Tangis Haru Bapak Yusuf, Lansia Korban Banjir Sambung Jawa saat Ditangani dr Udin

“Harapannya rekapitulasi di kabupaten/kota selesai pada tanggal 2 Maret 2024. Karena kami provinsi tanggal 3 akan rekap. Rencana akan dilakukan selama 5 hari sampai tanggal 8. Yang dihitung di provinsi D hasil yang dibuka disandingkan dengan Sirekap kemudian D hasil yang dipegang saksi peserta Pemilu,” kata Hasbullah, Kamis (29/2/2024).

Meski demikian, pihaknya menyebut tidak masalah jika rekapitulasi tingkat kabupaten/kota tidak selesai tanggal 3 Maret. Rekapitulasi tingkat provinsi akan dilakukan dengan mendahulukan kabupaten/kota yang lebih dahulu selesai.

“Tidak ada masalah kalau tidak selesai rekap kabupaten, teman-teman kita dahulukan yang sudah selesai,” tambahnya.

Baca juga:

Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Sulsel Lampaui Target Nasional

Hasbullah menyebut rekapitulasi tingkat kabupatern/kota tetap menjadi kewengan KPU kabupaten/kota. Namun rekapitulasi akan ditarik ke provinsi. Adapun rekapitulasi suara tingkat provinsi rencana akan dilakukan di Hotel Claro.

“Sampai batas waktu rekap kabupaten ditarik, nanti rekap di provinsi kami buat timelinenya kabupaten mana dulu pasti kita dahulukan. Sidrap karena dia lebih awal kemudian kabupaten selanjutnya,” sebutnya.

Sebelumnya, KPU Sidrap menjadi yang pertama menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu tingkat kabupaten di Sulsel. KPU Sidrap menyerahkan hasil rekapitulasi suara ke KPU Sulsel pada Rabu malam (28/2/2024).

Nursin, Komisioner KPU Sidrap menyebut rekapitulasi berjalan dengan aman dan lancar. Termasuk suasana pasca Pemilu pun aman.

“Semuanya berjalan lancar dari tingkat kecamatan. Semua tidak ada masalah sampai ke rekapitulasi tingkat kabupaten,” katanya.

Untuk Kabupaten Sidrap ada 1 TPS melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Secara umum ia menyebut partisipasi pemilih di Kabupaten Sidrap meningkat di Pemilu 2024.

“Di Sidrap PSU ada satu. Partisipasi masyarakat yang ikut memilih meningkat dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya,” tambahnya.