KPU Sidrap Jadi Kabupaten Pertama Selesaikan Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap telah menyerahkan hasil rekapitulasi penghitungan suara ke KPU Sulsel pada Rabu (28/2) malam. KPU Sidrap menjadi yang pertama menyelesaikan rekapitulasi Pemilu tingkat kabupaten di Sulsel.

“Baru Sidrap yang pertama. Belum ada laporan yang lain, mungkin baru selesai, nanti malam istirahat,” kata Ketua KPU Sulsel, Hasbullah usai menerima rekapitulasi suara di Kantor KPU Sulsel.

Baca juga:

Sebar Informasi Hoax Bukan Pelanggaran Pidana Pemilu, Bawaslu: Masuknya UU ITE

Hasbullah mengatakan, beberapa KPU kabupaten telah selesai atau hampir selesai melakukan rekapitulasi. Pihaknya masih menunggu siapa yang akan menyusul setelah KPU Sidrap.

“Yang sudah masuk report tadi Sidrap sendiri karena ini dari kemarin dulu. Tadi Parepare. Sepertinya Bantaeng juga nyusul karena tadi malam jam setengah satu kita sampai di Bantaeng sudah selesai 6 kecamatan, tinggal 3 kalau tidak salah,” tambahnya.

Sementara itu, Nursin komisioner KPU Sidrap menyebut rekapitulasi berjalan dengan aman dan lancar. Termasuk suasana pasca Pemilu pun aman.

“Semuanya berjalan lancar dari tingkat kecamatan. Semua tidak ada masalah sampai ke rekapitulasi tingkat kabupaten,” katanya.

Nursin menyebutkan, untuk Kabupaten Sidrap ada satu TPS melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Secara umum ia menyebut partisipasi pemilih di Kabupaten Sidrap meningkat di Pemilu 2024.

“Di Sidrap PSU ada satu. Partisipasi masyarakat yang ikut memilih meningkat dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya,” jelasnya.