Berikut Makanan & Minuman yang dapat Meningkatkan Konsentrasi serta Kesehatan Otak

INIKATA.co.id – Otak berperan secar krusial dalam mengendalikan fungsi tubuh, termasuk menjaga detak jantung, pernafasan, gerakan persepsi dan berpikir.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan tertentu, guna menjaga kinerja otak tetap optimal. Memilih makanan yang tepat berdampak baik bagi konsentrasi otak, di lingkungan kerja maupun di rumah.

Baca juga:

Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Mengonsumsi Nangka Bisa Cegah Penyakit ini

Dikutip dari kanal YouTube @Nova_Veronika dan jawapos.com, berikut adalah jenis makanan dan minuman yang dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi.

Kopi

Dua kandungan utama dalam kopi yaitu kafein dan antioksidan membantu meningkatkan konsentrasi. Kafein dapat mempertahankan tingkat kewaspadaan otak dengan menghambat adenosin atau zat kimia yang menyebabkan rasa kantuk. Selain juga dapat meningkatkan neurotransmitter yang berperan dalam meningkatkan suasana hati seperti dopamin.

Baca juga:

Seledri Campur Madu Ternyata Punya Banyak Manfaat, Berikut Penjelasannya

Teh hijau

Kandungan kafein dan L-theanin berperan dalam meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Dimana L-theanin dalam bentuk asam amino dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter gaba, untuk mengurangi kecemasan dan menciptakan perasaan yang rileks serta dapat meningkatkan gelombang alpha di otak membantu merasa tenang. Selain itu teh hijau kaya akan polifenol dan antioksidan yang melindungi otak dari fungsi mental serta mengurangi penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin K yang baik, diketahui dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan daya pikir otak. Sayur ini juga mengandung sulforafan, yaitu biomolekul sulfur yang memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Blueberry

Buah ini memberikan manfaat untuk meningkatkan fokus kognitif dan daya ingat. Kandungan antosianin yaitu sekelompok senyawa tumbuhan dengan efek antioksidan yang melawan stress oksidatif dan peradangan.

Telur

Telur adalah sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan otak termasuk vitamin B6, B12, folate dan choline. Choline adalah mikronutrien penting yang digunakan tubuh untuk membuat asetilkolin untuk mengatur mood dan memori.(inikata/jawapos)