Presiden Usul Kawasan Mamminasata Dibangun Seperti Kota Shenzhen Tiongkok

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan siap mendukung rencana Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), untuk menghidupkan kembali kota Metropolitan Mamminasata.

Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan, poin tersebut dibahas di Istana Negara bersama Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lagolau, Bupati Maros Chaidir Syam, Bupati Gowa Adnan Purichta Yasin Limpo, Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad dan Forkopimda Sulsel, Selasa (27/2/24) lalu.

Baca juga:

Danny Pomanto Himbau Lurah di Biringkanaya Massifkan Program “Sentuh Hati”

“Kami berterima kasih karena Mamminasata akan berjalan kembali setelah 2011 menjadi Perpres,” kata Danny, Rabu (28/2/24).

Danny menyebut, Presiden Jokowi mengusulkan kawasan Mamminasata dibangun seperti kota Shenzhen Tiongkok.

Seperti diketahui, dari segi kebijakan lingkungan, kota Shenzhen menerapkan kebijakan dan peraturan lingkungan yang ketat untuk mengurangi polusi.

Taman di tengah kota seperti Taman Gunung Lianhua dan Taman Lianhuashan menjadi ruang terbuka hijau yang memberi kontribusi terhadap kesehatan penduduknya.

Begitupun pun dengan pengelolaan limbah. Kota Shenzheng telah berinvestasi dalam pengelolaan limbah dan pengumpulan sampah secara teratur membantu mengurasi sampah dan menjaga kota tetap bersih.

Infrastruktur Kota Shenzhen juga dibuat modern. Transportasi umum yang efisien, jalan yang bersih dan terawat serta ruang pabrik yang tertata dengan baik.

“Ada beberapa fasilitas penting yang menjadi konsen. Beliau tadi menggambarkan maunya beliau ingin seperti Shenzhen dan tentunya ini menjadi tantangan bagi kami walikota dan bupati dan tentunya dibawah bimbingan beliau, gubernur dan forkopimda,” ujar Danny

“Insya Allah kami akan siap untuk melaksanakan apa yang beliau impikan, Makassar dan sekitarnya seperti Shenzhen dekat Hongkong,” pungkasnya.
(C/Mawar)