Korban Selamat Bencana Longsor di Bastem Luwu Bertambah

LUWU, INIKATA.co.id – Jumlah korban selamat akibat longsor di Desa Bonglo, Bastem Utara, Kabupaten Luwu bertambah. Jumlah sebelumnya dilaporkan sebanyak 15 orang menjadi 23 orang.

“Dari data sebelumnya korban sejumlah 15 orang, kini bertambah menjadi 23 orang. Jumlah tersebut berubah karena korban selamat baru melapor di posko gabungan. Jadi, korban selamat sebanyak 18 orang dari semula 10 orang,” kata Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar selaku Search Mission Coordinator (SMC), Rabu (28/02/2024).

Baca juga:

Wakil Ketua DPRD Sulsel Sarankan Jalan Sehat Anti Mager Lewati Jalan Rusak Sidrap-Soppeng

Dalam Operasi SAR bencana alam tanah longsor ini melibatkan hingga 560 personel yang berasal dari TNI/Polri, Instansi pemerintah, organisasi dan masyarakat sekitar.

“Hingga saat ini, personel yang terlibat sejumlah 560 orang, dan di hari ini juga terdapat penambahan yaitu tim K9 Polda Sulsel. Kami sangat berharap di hari ini, seluruh korban longsor dapat segera ditemukan,” ujar Mexianus.

Tim pencari dan penolong sudah bergerak melaksanakan pencarian dengan menyisir area longsoran bagian selatan dan utara.

Baca juga:

Terjatuh dari Perahu Saat Menyeberang di Sungai Je’neberang, Basarnas Sulsel Bergerak Cari Korban

“Pergerakan tim hari ini masih di bagi beberapa tim, yang tentu saja melibatkan dari berbagai potensi SAR. Tim melakukan penyisiran di area longsor bagian selatan dan utara, drone thermal pun telah kami terbangkan untuk melakukan assesment sekaligus melaksanakan pencarian, excavator dari PUPR Jeneberang juga bergerak untuk membersihkan longsoran tanah,” jelasnya.

“Dan hari ini, tim SAR K9 Polda Sulsel juga sedang melakukan penyisiran di wilayah longsoran, namun hingga sore ini masih nihil,” sambung Mexianus.

Sementara itu, siang tadi, tim SAR telah melakukan pemindahan korban longsor yang selamat dari puskesmas Bastem ke Rumah Sakit Palopo.

“Korban selamat namun mengalami cedera akibat longsoran kemarin ini atas nama Lilis, perempuan, 30 tahun yang mengalami cedera tulang belakang yang sebelumnya berada di puskesma Bastem dan sudah dipindahkan oleh tim dengan menggunakan tandu untuk di rujuk ke RS Palopo,” jelas Mexianus.

Mexianus menambahkan bahwa posko sar gabungan terbuka 24 jam untuk menerima laporan warga jika merasa kehilangan keluarga atau kerabat yang saat kejadian longsor (26/02/2024) dan melintas di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu.

“Posko sar gabungan di SDN 637 Bonglo, Kecamatan Bastem Utara siap menerima laporan warga yang merasa kehilangan anggota keluarganya atau kerabatnya atau juga bisa menghubungi Pusdalops BPBD Luwu, di nomor 085341880491,” tutup Mexianus.

Berikut nama-nama korban selamat :

Firdaus (19), Mardiana (60), Seni (34), Markus (43), Delman (19), Masyur (52), Masjaya (50), Kasril (49), Yunus (71), Yuni Kristine (21), Ririn (31), Nirwana (37), Wahab Busa (19), Lilis (30), Abd. Gani M. Toni (30), Andi Zulhanuddin (43), R. Sandi Patandung (43), Mustika (32).

Sementara korban yang meninggal dunia yang ditemukan adalah, Amelia (30), Miskawati (21), Maryama, Wanto (18), Ratang (50).