Anjing Pelacak Dilibatkan dalam Proses Pencarian Korban Longsor di Luwu

LUWU, INIKATA.co.id – Proses pencarian korban bencana longsor di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu masih terus dilakukan tim gabungan di lapangan. Untuk memudahkan proses pencarian korban, anjing pelacak dari Polsatwa Polda Sulsel juga dilibatkan.

Kapolres Luwu, AKBP Arisandi mengatakan, pelibatan Anjing Pelacak aau K-9 adalah untuk memudahkan pencarian korban bencana longsor.

Baca juga:

Yasir Machmud Buka Musprov VIII Perbakin Sulsel

“Kami sudah berkoordinasi ke Disamapta Polda Sulsel untuk menerjunkan K-9. Ada 2 ekor anjing pelacak dan saat ini telah bergabung dengan tim SAR,” kata Arisandi, kepada wartawan, Rabu (28/2).

Dia mengatakan, proses pencarian dibutuhkan anjing pelacak karena lokasi longsor terjadi penimbunan di jalanan. Upaya ini diharapkan dapat memudahkan kerja petugas di lapangan.

“Untuk membantu proses pencarian dan evakuasi korban tanah longsor di jalan poros Palopo-Bastem Desa Bonglo Kecamatan Bastem Utara, Luwu,” jelasnya.

“Tidak tertutup kemungkinan masih ada korban yang tertimbun, jadi pelibatan K-9 diharapkan dapat membantu tim di lapangan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Sulawesi Selatan (Sulsel) Mexianus Bekabel mengatakan pihaknya telah menerjunkan 4 alat berat di lokasi longsor, Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu.

Dia menyampaikan, 4 alat yang diturunkan ini untuk pembukaan akses jalan agar memudahkan proses pencarian korban.

“Kami tim SAR gabungan terdiri dari TNI, Polri, pemerintah daerah, dan organisasi masyarakat lainnya, stakeholder. hari ini tetap melaksanakan pencarian. Saat ini ada pembukaan jalan juga. mudah-mudahan hari ini bisa clear. didukung 4 alat besar, 2 ekskavator dan 2 buldozer,” jelas Mexianus.

Dia berharap, dengan tim gabungan bersama alat berat yang terus melakukan pencarian ini mempermudah dan membantu operasional di lapangan.

“Mudah-mudahan pencarian bisa berjalan bagus. Tadi pagi sudah ditemukan dua motor di jurang dan sudah dievakuasi. nanti polisi membantu identifikasi pemiliknya siapa, mempermudah korban yang dicari,” ucapnya. (B/Fadli)