Wujudkan Indonesia Emas 2045, Sandiaga Uno: Saatnya Perkuat SDM di Bidang Ekonomi

INIKATA.co.id – Ekonomi kreatif bisa menjadi penopang perekonomian Indonesia untuk mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa sektor ekonomi kreatif Indonesia menempati posisi ketiga di dunia.

Baca juga:

Adopsi Teknologi Jerman, Olympic Group Buka Pabrik Baru di Makassar dan Siap Sasar Pasar Indonesia Timur 

“Ekonomi kreatif ini sudah nomor tiga terbesar di dunia dari segi kontribusinya terhadap PDB,” kata Sandiaga Uno kepada wartawan usai acara penghargaan IndoFringe@Sekolah 2023 dan peluncuran IndoFringe@Sekolah 2024 di Jakarta, Senin (26/2).

Menurutnya, untuk meningkatkan peran ekonomi kreatif dalam mewujudkan visi Indonesia Emas, adalah dengan memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor tersebut. Sehingga diharapkan melalui strategi ini dapat membantu untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

“Kita sudah saatnya lebih memperkuat SDM di bidang ekonomi kreatif sehingga mereka akan dapat menghasilkan hasil yang besar,” katanya.

Baca juga:

Pajak Naik Pertanda Negara Makin Miskin

Melalui penguatan SDM di bidang ekraf itu dapat mewujudkan target capaian penghasilan per kapita sebesar 25.000-30.000 dolar AS.

Kita bisa mencapai itu dalam target 25.000-30.000 dolar AS per kapita yang akan ditopang sebagian besar bukan hanya hasilnya ekonomi hijau atau ekonomi biru, ekonomi digital, tapi juga ekonomi kreatif,” katanya.

Dengan target sektor ekonomi kreatif yang dapat menyumbangkan keuntungan terhadap devisa negara melampaui Rp 1.300 triliun, maka akan tercipta ekosistem di 25 juta lapangan kerja, serta target eksportnya yang mencapai 28 miliar dolar AS. (Rmol/Inikata)