Presiden Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR, dan Hadi Jadi Menko Polhukam

INIKATA.co.id – Presiden Joko Widodo melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Selain AHY, Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2)

Baca juga:

KPK Terus Dalami Kasus Dugaan Korupsi Tukin Kementerian ESDM

AHY dan Hadi berdiri bersamaan di tengah ruang pelantikan menghadap Jokowi. Keduanya kompak mengenakan setelan formal, berjas hitam dan kopiah songkok.

Kemudian, sebelum dilantik, Jokowi pun bertanya kepada keduanya terkait kesediannya untuk masuk kabinet Indonesia Maju.

“Bersedia!” jelas AHY sebelum dilakukan sumpah jabatan.

Baca juga:

AHY: Hukum Dibentuk untuk Melayani Kepentingan Rakyat, Bukan Kepentingan Elite

Kemudian Jokowi pun meminta kepada AHY dan Hadi mengikuti perkataanya untuk menerima sumpah jabatan.

Dalam sumpah jabatan AHY dan Hadi menegaskan siap menjalankan tugas Menteri ATR dan Menko Polhukam sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan dalam peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya kepada bangsa dan negara,” kata AHY.

Selain itu, AHY dan Hadi mengaku siap mengemban tugas dan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menunjujung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” tukasnya.

Seperti diketahui AHY menjabat Menteri ATR menggantikan posisi Hadi Tjahjanto.

Hadi sendiri menjabat Menko Polhukam menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Mahfud MD yang mundur karena jadi cawapres.(Disway/Inikata)