2 TPS di Makassar Potensi PSU, Danny Pomanto: Saya Malu

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Sulawesi Selatan termasuk kota Makassar berpotensi di lakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Di Kota Makassar tercatat ada 2 TPS

Hal ini menyusul temuan Bawaslu Sulsel dan Kota Makassar, terkait adanya pemilih yang tidak tercantum namanya dalam daftar pemilih tetap (DPT) maupun daftar pemilih tambahan (DPTb), namun mencoblos di TPS tersebut. Bahkan warga tersebut tidak memiliki surat keterangan pindah memilih.

Baca juga:

Rutin Gelar Rakor, Camat Rappocini Imbau Jajaran Aktifkan Posko Siaga Bencana Hadapi Cuaca Ekstrem

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengaku malu atas kejadian tersebut.

Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan, baru mengalami hal tersebut selama mengikuti proses pilkada di Makassar.

Harusnya kata Danny, penyelenggara lebih siap menghadapi proses pemilihan umum.

Baca juga:

Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif Jelang Tahapan Pemilu, Tripika Kecamatan Ujung Tanah Rakor

Ia mencontohkan, di wilayah Parang Tambung, kotak suara telah tercoblos di TPS 04 dan TPS 05. Sehingga dilakukan pemilihan ulang saat itu juga.

“Saya malu juga, baru kali ini ada PSU di Kota Makassar. Selama saya berpilkada, saya rasa-rasanya belum ada PSU di kota Makassar. Itu artinya ada sesuatu yang diluar kejadian yang sebenarnya. Dan saya berfikir, alhamdulillah cuma dua, yang saya dengar itu banyak yang protes,” ujar Danny, Senin (19/2).

Ia berharap, penyelenggara pemilu ke depan lebih baik dari segi komunikasi maupun koordinasi, sehingga pelaksanaan pemilu tidak berantakan seperti saat ini.

“Kan ada pilkada ke depan, jadi perlu disempurnakan, perlu komunikasi dan koordinasi yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (C/Mawar)