Pendaftaran Lelang Jabatan Eselon II Ditutup, 37 Pejabat Perebutkan Kursi Kadis di Makassar

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Pendaftaran seleksi terbuka atau lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau setingkat eselon II untuk tujuh jabatan lowong lingkup Pemkot Makassar ditutup hari ini, Jumat (16/2/24) pukul 16:00 WITA.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Akhmad Namsum mengatakan, proses pendaftaran dan pengumpulan berkas berlangsung sejak 2 hingga 16 Februari 2024, sesuai jadwal yang telah disusun.

Baca juga:

Anies Baswedan Harap Wilayah Kota Bisa Lebih Mandiri

“Hari ini merupakan batas akhir pendaftaran bagi yang ingin ikut bertarung di lelang jabatan yang dibuka Pemkot Makassar,” ungkap Akhmad Namsum saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/2).

Berdasarkan data yang telah direkap oleh BKPSM, sebanyak 37 peserta telah memasukkan berkasnya. 6 diantaranya merupakan pendaftar dari luar pemerintah kota, yakni dari Sulawesi Barat dan pejabat Pemprov Sulsel.

Adapun rincian pendaftarnya yakni :
Dinas Ketahanan Pangan 8 pendaftar,
Dinas Pemuda dan Olahraga 8 pendaftar,
Dinas Lingkungan Hidup 11 Pendaftar dan Dinas Komunikasi dan Informatika 7 pendaftar.

Baca juga:

Pekan Depan, Danny Pomanto Agendakan Lelang 7 Jabatan Eselon II

Kemudian Dinas Sosial 13 pendaftar,
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana 11 pendaftar serta
Satpol PP 6 pendaftar.

Setiap peserta kata Akhmad Namsum, diperbolehkan mendaftar untuk tiga jabatan yang dilelang.

“Jadi sudah ada 37 pelamar yang memasukkan berkasnya. Setiap pelamar diberi kesempatan mendaftar untuk tiga jabatan yang dilelang. Senin, Timsel akan rapat untuk membahas tahapan selanjutnya,” jelasnya.

Akhmad mengungkapkan, setelah pendaftaran resmi ditutup, pihaknya akan melakukan verifikasi berkas atau seleksi administrasi dlswrta penelusuran rekam jejak. Hasilnya akan diumumkan pada 20 Februari mendatang

Selanjutnya, tahapan penilaian kompetensi Assessment Psikotest dan penulisan makalah akan dilaksanakan pada 21-24 Februari 2024. Adapun penilaian makalah akan dilakukan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar dan akan diumumkan hasilnya pada 29 Februari mendatang.

“Tahapan wawancara kompetensi
1-2 Maret 2024. Pengumuman hasil wawancara 6 Maret 2024, rapat penentuan hasil pada 8 Maret, dan
pengumuman hasil tiga terbaik akan dilaksanakan pada 9 Maret,” ungkap Namsum

“Timsel akan melaksanakan rapat Senin pekan depan sekitar pukul 14.00 siang bicarakan hasil atau pelaksanaan verifikasi berkas sebelum masuk tahapan berikutnya,” tambahnya.

Pihaknya menekankan, lelang jabatan ini dilakukan secara terbuka, fair, transparan serta objektif.

“Terbuka untuk siapa saja yang memenuhi persyaratan. Dilakukan secara fair sehingga para pelamar punya peluang yang sama,” tegasnya.

Dia menambahkan, untuk seleksi terbuka kali ini, ada sejumlah kriteria yang harus dimiliki pada pelamar. Peserta yang berasal dari Jabatan Struktural wajib lulus Diklat Pim III atau Pelatihan Kepemimpinan Administrator, diutamakan telah lulus Diklatpim Tingkat Il atau pelatihan kepemimpinan nasional.

Khusus untuk pelamar JPT Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, harus menyertakan fotocopy STTP Pendidikan dan Pelatihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Penegak Perda atau surat pernyataan bersedia mengikuti pendidikan dan latihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Penegak Perda bagi yang pelamar yang belum mengikuti diklat tersebut.

“Pelamar juga wajib menyerahkan
fotokopi tanda bukti penyerahan
Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)/ Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN),” ucap Akhmad

Akhmad mengaku, penutupan pendaftaran hari ini telah final dan tidak akan memperpanjang waktu pendaftaran

Pertimbangannya kata dia, semua jabatan lowong yang dilelangkan telah melampaui batas peminat.

“Standar nya kan minimal 3 peserta untuk satu satu shelter, nah di sini sudah lebih (pendaftaranya) jadi kita tutup dan tidak ada perpanjangan ,” tutupnya.

Sebelumnya Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menegaskan, pejabat yang dibutuhkan untuk menjalankan pemerintahan adalah pejabat yang loyal dan memiliki integritas.

Ia ingin, diakhir masa jabatannya, program-program strategis pemerintah kota Makassar berjalan dengan maksimal.

“Kriteria pertama itu harus loyal, profesional,” kata Danny.

Kriteria kedua tambah Danny, calon kepala dinas yang akan dipilih nantinya tidak memiliki konflik kepentingan dengan pihak manapun.

Danny berharap, pejabat yang terpilih mampu menjalankan semua program-program strategis, sesuai dengan visi-misi pemerintah kota Makassar.

“Kadang-kadang penyakitnya pemerintah kota, kalau dia sudah dapat jabatan, semua baku urus-urus,” ucap Danny. (B/Mawar)