Progres Pembangunan Nyaris Rampung, Proyek MGC Makassar Ditarget Beroperasi Maret 2024

MAKASSAR, INIKATA.co.id – Proyek Makassar Goverment Center (MGC) yang terletak di kawasan Taman Macan, Jalan Sultan Hasanuddin Makassar, ditargetkan beroperasi pada Maret 2024 mendatang.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menyebutkan, saat ini progres pembangunan gedung MGC telah mencapai 75 persen.

Baca juga:

Sebulan Berlalu, Pembangunan Sumur Bor di Makassar Hingga Kini Masih di Godok

Meski pengerjaan kontruksi untuk delapan lantai belum rampung, namun Ia menargetkan, pembangunan untuk gedung pelayanan publik sebanyak 3 lantai bakal diselesaikan di akhir Februari ini.

Alhasil, Maret mendatang, tiga lantai di gedung MGC bakal beroperasi dan siap digunakan untuk pelayanan publik.

Gedung MGC nantinya akan digunakan untuk melayani masyarakat dalam pengurusan perizinan hingga pengurusan data penduduk.

“Insya Allah kontruksi selesai bulan ini, finishing Maret. Tapikan cuma tiga lantai,” ujar Danny Pomanto, sapaan akrabnya, Kamis (15/2/24).

Danny memprediksi, pengerjaan keseluruhan Gedung MGC akan selesai pada Agustus mendatang.

Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Kesehatan, Dinas Tata Ruang, Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Selanjutnya ,Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), bakal menempati gedung tersebut.

“Kan cuma tiga lantai dulu, yang lain itu masih berlanjut. Kira-kira Agustus selesai,” jelas Danny.

Diketahui, proyek MGC ini merupakan salah satu program strategis pemerintah kota Makassar dalam menjalankan pelayanan publik.

Proyek yang menelan anggaran sebesar Rp200 miliar ini, menggunakan skema rancang dan bangun (design and build). Di mana, kata Danny, skema tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena dibangun di atas lahan yang sempit.

Selain itu, gedung MGC memiliki konsep ramah lingkungan. Gedung ini digadang-gadang menjadi gedung pemerintahan pertama yang menggunakan konsep green rooftop.

“Ini akan menjadi bangunan pemerintah pertama untuk green building di Makassar. Konsepnya ramah lingkungan karena ada green rooftop,” ucapnya. (C/Mawar)