Prabowo-Gibran Mendominasi, Pilpres Diprediksi Satu Putaran

INIKATA.co.id – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo-Gibran diprediksi bisa menang satu putaran.

Merujuk survei terbaru Indikator Politik Indonesia pada periode 28 Januari-4 Februari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran tembus 51,8 persen.

Baca juga:

Lingkar Madani Desak Kejagung Lanjutkan Pengusutan Korupsi BTS

Sementara itu, elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) 24,1 persen, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 19,6 persen. Sebanyak 4,5% menjawab tidak tahu.

“Terbukti atau tidak? Kita tunggu hasil hitung cepat (quick count) Indikator,” ucap peneliti utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi, Rabu (14/2).

Survei tersebut dilaksanakan dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di seluruh provinsi secara proporsional. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Burhan melanjutkan, Indikator melakukan quick count sebagai alat kontrol dan indikasi perolehan suara dengan tujuan mengantisipasi potensi kecurangan suara. Pelaksanaannya dengan sampel data secara random, tetapi memakai metodologi ilmiah.

“Sehingga, hasilnya akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya. (Rmol/Inikata)